3 Manfaat Google Drive dan Cara Unggah File di dalamnya: Tidak Perlu Beli Memori Tambahan Lagi!

2024-09-23 14:29:41
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Mengetahui 3 manfaat Google Drive dan cara mengunggahnya sangat penting. Dengan begitu, pengguna bisa memanfaatkan ruang penyimpanan tanpa gonta-ganti memori.

Karena sangat berguna, penjabaran mengenai 3 manfaat Google Drive dan cara unggah file ke dalamnya wajib diketahui oleh pecinta teknologi. Pasalnya, dengan aplikasi ini pengguna dapat menghemat uang.

Pembahasan tentang 3 manfaat Google Drive dan cara mengunggah file di dalamnya ini, bakalan dijabarkan secara rinci. Sehingga, kamu tidak perlu bingung lagi ketika hendak mengoperasikannya.

Google Drive sendiri merupakan penyimpanan berbasis drive. Jadi sifatnya sangat kompatibel, alias dapat digunakan kapanpun dan dimanapun berada.

Cara mendapatkannya pun mudah, sebab aplikasi ini dimiliki oleh Google. Jadi, bila sudah mempunyai akun Google bisa dipastikan sudah mendapat Drive secara otomatis.

Mulanya, pengguna akan mendapatkan jatah ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Bila merasa tidak cukup, kamu bisa memperbesar kapasitasnya mencapai 100 GB dengan cara berlangganan.

Di balik ruang penyimpanan yang luas, rupanya aplikasi Google Drive satu ini memiliki banyak manfaat. Tim Insidepontianak sendiri berhasil merangkumnya, sebagaimana uraian di bawah ini:

  1. Bersifat Kompatibel.

Adapun yang dimaksud dengan kompatibel di sini merupakan kelebihan utama. Sehingga, seluruh file yang berhasil disimpan di dalamnya dapat diakses dengan berbagai jenis perangkat apapun.

Tidak hanya itu saja, saat hendak mengganti perangkat, Pengguna tidak perlu mentransfer terlebih dahulu. Maksudnya, kamu cukup membuka akun Google Drive, barulah dokumen tersebut muncul.

Dengan syarat, ketika hendak mengakses file itu koneksi jaringan internet yang ada di dalamnya harus stabil.

  1. File yang Disimpan Tidak Penuhi Memori Perangkat.

Kelebihan selanjutnya dari Google Drive ini, yakni dapat dijadikan penyimpanan. Dengan begitu, memori ponsel atau perangkat lainnya tidak akan cepat penuh.

Hal itu juga membawa manfaat lain, pengguna tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli memori baru. Jadi, biaya tersebut bisa dialihkan untuk mencukupi kebutuhan yang lain.

  1. Kapasitas Besar.

Meski tidak memiliki bentuk material, sebagaimana alat penyimpanan lainnya, Google Drive ternyata memiliki ruang kapasitas yang besar.

Sebagaimana sempat disinggung, pengguna awal bakalan diberikan kapasitas 15 GB secara gratis. Ruang penyimpanan ini juga masih bisa diperbesar, asalkan berani mengeluarkan uang lebih.

Cara Unggah File ke Google Drive.

Setelah mendapat informasi manfaat di atas, kamu juga perlu mengetahui tentang cara mengunggah sebuah file ke Google Drive. Perhatikan langkah di bawah ini:

  • Unduh aplikasi Google Drive.
  • Buka aplikasi Google Drive yang telah terpasang di perangkat.
  • Pastikan akunmu sudah masuk, caranya dengan login.
  • Klik menu 'File' untuk akses ke tahap berikutnya.
  • Selanjutnya, tap opsi 'Drive Saya'.
  • lanjutkan dengan menekan ikon tambah yang terletak di bawah kanan layar.
  • Buatlah folder terlebih dahulu, agar file yang diunggah dapat dikelompokkan. Caranya dengan menekan opsi 'Folder'.
  • Bila hendak mengunggahnya secara langsung, kamu hanya perlu memencet 'Upload'.
  • Pilihlah file yang hendak diunggah. Bisa berupa dokumen, foto penting, atau video.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

Setelah seluruh tahap di atas dilakukan, seluruh file pun akan tersimpan di Google Drive. Kamu bisa mengaksesnya kembali, dengan catatan ponsel atau PC harus terhubung dengan internet.

Demikianlah uraian mengenai 3 manfaat Google Drive dan cara unggah foto di dalamnya. Semoga bermanfaat! (Dzikrullah)***

Leave a comment