2 Cara Foto dan Dokumen WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di HP: Trik Agar Memori Tidak Penuh

2024-09-22 03:02:07
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Bila mengkuti pengaruran awal, seluruh file yang masuk di WA akan tersimpan langsung. Oleh karena itu, ikuti 2 cara foto dan dokumen WhatsApp tidak tersimpan otomatis ini.

Mengikuti langkah dari 2 cara foto dan dokumen WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis, juga membuat memori ponsel tidak cepat penuh. Sehingga, kamu tidak perlu secara rutin menghapusnya.

Trik yang terkandung di dalam 2 cara foto dan dokumen WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis ini juga mudah dilakukan. Asalkan, kamu sebagai pengguna mengikuti panduannya dengan benar.

Sebagai informasi utama, kamu yang baru memakai aplikasi WhatsApp akan terkejut, apabila memori ponsel cepat penuh karena ragam file tersimpan otomatis di dalamnya.

Jadi, membersihkan file yang tidak begitu penting itu juga menyita waktu. Alangkah lebih baiknya, jikalau kamu mengetahui langkah tepat agar seluruh file yang diterima tidak terunduh secara otomatis.

Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, pasalnya aplikasi WhatsApp sendiri telah menyediakan fitur tersebut. Dengan kata lain, kamu hanya perlu mencari informasinya.

Cara menggagalkan penyimpanan otomatis ini bisa dilakukan di berbagai perangkat ponsel. Namun, caranya sedikit berbeda dari satu jenis sistem HP dengan yang lainnya.

Khusus artikel ini, trik agar file tidak tersimpan secara otomatis ini bekerja bagi jenis sistem smartphone Iphone dan Android. Ikutilah langkahnya, dengan menyesuaikan jenis perangkatnya.

Agar bisa mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan lengkap tentang 2 cara foto dan dokumen WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis:

  1. Ponsel Android.

Cara pertama yang akan dipaparkan, yakni berdasarkan jenis perangkat Andrid. Begini langkah agar file yang masuk di WhatsApp tidak tersimpan otomais.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik ikon titik tiga yang terletak di sebelah pojok kanan bagian atas.
  • Ketuk opsi 'Pengaturan' yang berada di dalam WhatsApp.
  • Akses langkah selanjutnya pada menu 'Penyimpanan dan Data'.
  • Selannjutnya, pilih opsi 'Unduh Otomatis'.
  • Di dalamya, terdapat tiga layanan tentang pengunduhan otomatis. Di antaranya adalah 'Saat terhubung data seluluer', 'Saat tersambung dengan WiFi', dan 'Saat ponsel roaming'.
  • Pilih lah setiap layanan tersebut, kemudian hapus centang yang berada di sisi 'Dokumen', 'Foto', dan 'Audio'.
  • Setelah berhasil dihapus dan perubahan pengaturan disimpan, secara otomatis file yang masuk ke WhatsApp tidak akan tersimpan otomatis.
  1. HP Iphone.

Berbeda dengan panduan tidak menyimpan data WA di HP Android, begini urian lengkapnya bila kamu termasuk pengguna ponsel Iphone:

  • Buka aplikasi WhatsApp yang sudah terinstal.
  • Masuk ke dalam menu 'Setting'/'Pengaturan' di dalam WA.
  • Pilih menu 'Chats'.
  • Pada kolom 'Save to Camera Roll' matikan seluruh opsi penyimpanan media secara otomatis.

Dengan begitu, seluruh file yang baru masuk tidak akan terunduh dengan otomatis. Artinya, foto dan dokumen tidak akan tersimpan di dalam memori ponsel.

Demikianlah panduan mengenai 2 cara foto dan dokumen WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis. (Dzikrullah) ***

Leave a comment