Durian Pelangi, Jenis Durian yang Punya Empat Warna dan Bisa Tumbuh di Berbagai Dataran

2024-09-21 13:50:03
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Melihat durian yang terdiri dari satu warna, mungkin sudah biasa. Nah, cobahlah durian pelangi, jenis ini memiliki empat warna.

Ya, selama ini durian dikenal dengan warna daging kuning atau putih, atau oranye, atau merah saja. Nah, jenis durian pelangi beda.

Durian pelangi memiliki empat warna sekaligus. Selain itu, kelebihan jenis durian ini juga bisa tumbuh di berbagai dataran.

Melansir tanamandurian.com, Senin (13/11/2023), jenis durian ini berasal dari daerah Papua Barat tepatnya daerah Manokwari. Ditemukan oleh seorang peneliti yang berasal dari Sumatera Selatan bernama Karim Aristides.

Keragaman rasa dan juga warna yang ada pada durian ini sangat unik. Durian ini dalam bahasa latin Durio Zibethinus L merupakan sebuah hasil persilangan.

Persilangan yang dimaksud daridurian putih atau yang dikenal Zibethinus, durian merah atau Graveolens, dan juga durian kuning atau Fotogensis.

Durian ini memiliki ciri-ciri khusus yakni terdapat empat warna pada setiap buahnya. Warna yang dihasilkan dari durian ini bisa kuning, oranye, putih, maupun warna kecokelatan seperti halnya susu.

Teksturnya yang lembut dan agak lengket. Adanya rasa lembut tersebut memiliki rasa manis dan juga memiliki kadar alkohol yang rendah. Yang jelas durian pelangi Manokwari ini, bijinya kecil hingga dagingnya lebih tebal.

Nah, berikut beberapa keunggulan dari buah durian pelangi Manokwari ini, antara lain:

  1. Mampu hidup di berbagai dataran
    Jika biasanya durian hanya mampu tumbuh di dataran rendah saja, namun durian pelangi Manokwari ini bisa tumbuh di dataran yang lebih tinggi kisaran 500 meter di atas permukaan laut.

Bahkan, suhu yang biasanya antara 20-30 derajat saja, tanaman yang satu ini bisa menyesuaikan dengan tingkat suhu yang ada.

  1. Memiliki kandungan nutrisi berbeda setiap warna
    Masing-masing warna di setiap daging buah yang dimilikinya memiliki sebuah kandungan senyawa tertentu dengan hasil yang positif dan berbeda pula.

Misalnya warna merah, memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Atau, warna kuning yang mengandung senyawa beta karoten dengan segala manfaat yang ada.

  1. Memiliki Ukuran Yang Besar
    Bobot durian plangi bisa mencapai tiga kg atau bahkan lebih. Tentunya syarat yang harus dimiliki yaitu kualitas bibit durian Pelangi Manokwari yang benar-benar bagus.
  2. Jenis durian yang sangat produktif
    Dibandingkan dengan jenis durian montong dan juga petruk, durian ini bisa dipanen dua kali dalam setahun. Jumlah buah yang dihasilkan juga berlipat-lipat karena bisa menghasilkan kisaran 400 hingga 800 butir per pohon dalam setahunnya.
  3. Tahan simpan
    Keunggulan lain dari durian pelangi ini yaitu memiliki daya simpan antara enam hingga tujuh hari. Masa penyimpanan menjadi hal yang penting dan bisa menjadikan sebuah kualitas dari durian itu sendiri.

Demikian soal keunggulan durian pelangi, jenis durian yang dagingnya memiliki warna lebih dari satu. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment