Tenang, Bahan Hewani dan Makanan Olahan Ini Aman bagi Penderita Diabetes

2024-09-22 20:34:53
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Ada kecenderungan makanan hewani maupun bahan yang berasal dari olahan dijauhi oleh penderita diabetes. Padahal, tidak semuanya berbahaya.

Yang jelas, memilih atau mengkonsumsi bahan hewani memang perlu ketelitian. Pun, penderita diabetes wajib paham dengan olahan yang dipilihnya.

Artinya, mau bahan hewani maupun olahan, penderita diabetes memang harus menjaga pola makan dan pola hidupnya seumur hidup.

Melansir mitrakeluarga.com, Jumat (17/11/2023), cukup banyak bahan makanan nabati yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Begitu juga dengan bahan hewani mapun bahan makanan yang berbentuk olahan.

Tapi yang jela, apapun itu, penderita diabetes memang wajib awas dengan asupan yang akan masuk ke tubuhnya. Nah, berikut makanan yang direkomendasikan dokter dan ahli gizi.

  1. Daging tanpa lemak
    Protein hewani juga penting dalam kombinasi makanan untuk diabetes, seperti daging tanpa lemak. Selain rendah kalori, daging tanpa lemak memiliki manfaat untuk menghambat lonjakan gula darah.

Anda dapat mengkonsumsi daging ayam, kalkun, bebek (semuanya tanpa kulit). Selain itu, bisa juga daging sapi seperti tenderloin atau sirloin.

  1. Salmon
    Ikan salmon terbilang aman dalam kombinasi diet penderita diabetes karena tinggi omega 3, yaitu lemak baik untuk membantu mengurangi komplikasi serangan jantung dan stroke.

JAMA Internal Medicine yang dikutip dalam Everyday Health,menganjurkan setidaknya konsumsi ikan tinggi omega 3 minimal 2 kali seminggu. Anda dapat memadukannya dengan sayuran rendah karbohidrat.

  1. Telur
    Telur juga menjadi salah satu protein hewani yang baik untuk diabetes. Sebab, dalam 1 butir telur besar terdapat setengah gram karbohidrat dan 7 gram protein. Namun, jumlah asupannya tetap dibatasi.
  2. Tahu
    Tahu adalah makanan olhan ari bahan nabati. Menurut penelitian, makanan dari kacang kedelai seperti tahu atau tempe dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Selain itu, tahu bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein, selain dari protein hewani.

  1. Minyak zaitun
    Indeks glikemik dari minyak zaitun cukup rendah, sehingga sangat cocok dipadukan dalam diet diabetes. Dengan asam lemak tak jenuh yang tinggi, minyak zaitun dipercaya baik untuk mengendalikan gula darah.

Minyak zaitun dapat disajikan sebagai salad dressing di sayuran Anda, atau dimanfaatkan sebagai minyak untuk menumis.

  1. Mie shirataki
    Mie shirataki cukup terkenal di Asia, karena kalori dan karbohidratnya lebih rendah dibanding mie yang terbuat dari tepung.

Shirataki sendiri berasal dari akar tanaman konjac, dimana zat glukomanannya terdiri dari 3% serat dan 97% air. Sehingga, aman untuk penderita diabetes yang perlu mengontrol berat badan dan kadar gula darah.

Demikian soal bahan makanan hevani maupun olahan bagi penderita diabetes yang direkomendasikan oleh dokter dan ahli gizi. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Tags :

Leave a comment