Kendala Pengiriman Video di WhatsApp Gagal dan 3 Trik untuk Mengatasinya

2024-09-22 11:50:27
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Tidak jarang pengguna WA merasa kesal ketika terdapat kendala pengiriman video di WhatsApp gagal. Namun, problem tersebut dapat dipecahkan dengan 3 trik yang akan dibahas nanti.

Meski WhatsApp cukup digandrungi oleh kebanyakan orang saat bertukar pesan, aplikasi ini juga kerap mengalami kendala pengiriman video gagal. Bila hal ini terjadi padamu, kamu bisa mengatasinya dengan 3 trik yang akan dibagikan oleh Insidepontianak.

Dengan 3 trik ini, kamu tidak perlu khawatir lagi ketika berada dalam situasi kendala pengiriman video di WhatsApp gagal. Karena dalam artikel ini, problem tersebut akan dibahas cukup tuntas.

Lumrahnya, ketika pengguna gagal mengirimkan sebuah video di WhatsApp akan muncul pop-up bertuliskan 'This video could not be sent, please choose a different video', yang berarti 'Video ini tidak dapat dikirim, tolong pilih video yang berbeda'.

Sebenarnya, penyebab kegagalan dalam pengiriman video ini disebabkan oleh berbagai faktor. Sehingga, WhatsApp tidak dapat merespon dengan benar ketika sebuah video hendak dikirimkan.

Salah satu penyebabnya karena bisa jadi terdapat penumpukan data berlebih pada WhatsApp. Karena over kapasitas, WA pun tidak bekerja dengan baik saat dioperasikan.

Selain itu masih terdapat beberapa faktor lain. Berikut penjabaran mengenai kendala pengiriman video di WhatsApp gagal dan 3 trik untuk mengatasinya:

Kendala Utama.

Ketika kamu merasa yakin, bahwa data pada WhatsApp masih tidak terlalu penuh namun masih tidak bisa mengirim video, bisa jadi lantaran video tersebut terlalu berat.

Pada dasarnya, WhatsApp sudah dapat mengkompres ukuran video ketika hendak dikirimkan. Namun, bila rupanya ukuran videonya terlalu besar WA pun tidak bisa memotongnya hingga kecil.

Sedangkan untuk mengatasinya, perhatikan 3 trik yang akan dibagikan di bawah ini:

  1. Kirim Sebagai File.

Bila ternyata ukuran video yang hendak dikirim memang besar, kamu bisa memilih jalan alternatif. Yakni melalui pengiriman berfitur file. Perhatikan langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih salah satu kontak yang hendak dikirimkan video berat.
  • Klik ikon kawat untuk mengakses fitur pengiriman dengan format dokumen.
  • Klik opsi 'Document'.
  • Pilih salah satu video yang hendak dikirim.

Dengan cara ini, barangkali video dengan berukuran berat tersebut dapat terkirim dengan mudah.

  1. Potong Durasi Video.

Adapun trik yang kedua ketika hendak mengirimkan video berat, tidak lain dengan memotong konten tersebut menjadi beberapa bagian.

Sebab, WhatsApp sendiri sudah dapat mengirimkan sebuah video dengan durasi panjang menjadi beberapa scene yang singkat.

  1. Pilih Waktu yang Tepat.

Kendala sebuah video tidak dapat dikirimkan di WA ini, bisa jadi disebabkan oleh server WhatsApp pada suatu waktu sedang down. Oleh karena itu, kamu harus mengatur ponsel agar smartphone dapat memilih time yang benar.

Adapun cara mengatur pemilihan waktu secara otomatis di Android, panduannya sebagaimana berikut:

  • Buka pengaturan ponsel.
  • Masuk ke menu 'Setelan Waktu Otomatis'.
  • Aktifkan waktu otomatis agar Android dapat mencocoki dengan waktu pada server WhatsApp.

Sedangkan bagi Iphone, pengaturan waktu otomatis ini dapat diikuti sebagaimana pada penjelasan di bawah ini:

  • Buka 'Setelan' di Iphone.
  • Masuk ke menu 'General'.
  • Klik opsi 'Date and Time'.
  • Ketuk pilihan 'Set Automatically'.

Demikianlah pembahasan mengenai kendala pengiriman video di WhatsApp gagal dan 3 trik untuk mengatasinya. Semoga berhasil! (Dzikrullah) ***

Leave a comment