Dewan Pontianak Firdaus Minta Pemkot Tingkatkan Kepesertaan JKN Warga Kurang Mampu

2024-09-21 00:38:24
Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Firdaus Zar'in. (Instagram/Firdaus_Zarin)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Firdaus Zar'in mendorong Pemerintah Kota Pontianak untuk meningkatkan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN unutk warga kurang mampu.

Sebab, hingga saat ini kepesertaaan JKN di Kota Pontianak baru mencapai 86,31 persen. Angka ini masih di bawah target RPJMN yang mensyaratkan cakupan peserta JKN di tiap wilayah harus mencapai 98 persen dari total penduduk.

Karena itu Firdaus meminta Pemerintah Kota Pontianak mengejar target kepesertaan JKN. Sebab fasilitas ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu mengakses pelayanan kesehatan gratis.

 "Hadirnya JKN sangat membantu masyarakat kurang mampu. Slogan JKN gotong royong, orang sehat membantu yang sakit, orang kaya membantu orang miskin," kata Firdaus Zar'in, Senin (13/5/2024).

Untuk mencapai target kepesertaan JKN di Kota Pontianak, maka pendataan menjadi penting. Sehingga masyarakat kurang mampu semuanya ter-cover program tersebut.

"Jangan sampai, ketika sakit baru minta bantuan sosial pemerintah. Kan lama prosesnya," lanjutnya.

Oleh karena itu, Pj Wali Kota Pontianak diminta melakukan percepatan pendataan masyarakat miskin yang akurat, agar mereka semua bisa menerima program JKN.

"Mereka punya kelurahan, minta kelurahan untuk mendata, sehingga tak ada masyarakat yang tak terlindungi," pungkasnya.(Andi)***

Leave a comment