Ketua DPRD Sanggau Himbau Masyarakat Pemilik Hewan Lakukan Vaksinasi Rabies

2024-09-20 22:47:43
Foto: insidepontianak.com -- Vaksinasi Rabies kepada Anjing dilakukan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau belum lama ini.

SANGGAU, insdepontianak.com -- Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Jumadi menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan yang berpotensi menularkan rabies, untuk melakukan vaksinasi.

"Ya tentu, masyarakat yang punya hewan yang potensi menularkan rabies harus segera divaksin hewannya," ujar Jumadi.

Hal tersebut disampaikan nya melihat potensi kasus gigitan hewan penular rabies (GHPR) masih tinggi. Seperti diketahui, data April 2024 ada sebanyak 318 kasus GHPR di Kabupaten Sanggau.

Menurut Jumadi, vaksinasi kepada hewan penular rabies itu sangat penting untuk memutus mata rantai penularan rabies. Karenanya, masyarakat harus peduli dan aktif dalam proses vaksinasi.

"Dengan kerjasama masyarakat pemilik hewan dan petugas vaksinasi dari pemerintah maka kita bisa segera mempercepat proses vaksinasi," ucapnya.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, populasi hewan penular rabies ada sebanyak 48.091 ekor. Akumulasi dari berbagai jenis hewan, paling banyak yaitu Anjing dengan populasi 36.347 ekor. (Ans)

Leave a comment