Dewan Kalbar Thomas Prihatin Kerusakan Infrastruktur Jalan Provinsi di Pedalaman Tak Kunjung Ditangani

2024-09-20 07:53:02
Anggota DPRD Kalbar, Thomas Alexander. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalimantan Barat, Thomas Alexander prihatin atas kondisi infrastruktur jalan di daerah pedalaman Kalbar karena masih banyak yang rusak dan tak kunjung diperbaiki. 

Ia mencontohkan ruas jalan Sungai Gantang-Simpan Jemayas, Kabupaten Ketapang yang rusak parah mencapai 126 kilometer.

Menurutnya, ruas jalan tersebut hampir tak bisa dilewati kendara mobil katena rusaknya sudah sangat parah.

"Ketika bisa dilewati, karena ada perusahaan sawit di situ, jadi masih tertolong. Tapi tak sempurna sama sekali," ujarnya.

Selain itu, ruas jalan dari Tumbang Titi-Manis Mata, dengan panjang sekitar 87 kilometer juga rusak parah.

Kerusakan jalan provinsi lainnya juga terjadi di Jalan Simpang Sidas-Simpang Tiga Kabupaten Landak dan Jalan Balai Sebut-Naga Mau-Tebidah, Kabupaten Sintang.

"Jadi hampir semua jalan provinsi di daerah pedalaman rusak parah," kata Thomas.

Ia pun mengaku tak tahu apa yang menjadi kendala Pemrov Kalbar, sehingga perbaikan jalan rusak di berbagai daerah itu tak kunjung diperbaiki.

"Apakah karena keterbatasan anggaran APBD kita? Kita juga belum tahu," ujarnya.

Ke depan, ia berharap ada pemerataan pembangunan yang dilakukan pemerintah. Sebab, rakyat sangat mendambakan infrastruktur jalan yang baik di seluruh wilayah.

Infrastruktur jalan sendiri merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Jika nfrastruktur jalan bagus, maka akan terjadi percepatan ekonomi, dan memudahkan masyarakat menjual barang hasil bumi dengan cepat.

Selain itu, infrastruktur jalan yang baik juga berdampak pada akses pendidikan dan kesehatan masyarakat yang lebih mudah.***

Leave a comment