Pimpin High Level Meeting, Pj Gubernur Kalbar: Perlindungan Jamsostek UMKM Perlu Ditingkatkan

2024-09-20 06:46:42
Pj Gubernur menyerahkan penghargaan Paritrana Award Tahun 2023 kepada Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubernur Kalbar Harisson memimpin High Level Meeting Dalam Rangka Mewujudkan Universal Coverage Jamsostek Provinsi Kalbar Melalui Peningkatan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada Pelaku UMKM di Hotel Mercure Pontianak, Kamis (1/8/2024). 

Penyelenggaraan program Jaminan Sosial menjadi tanggung jawab bersama pemerintah, pelaku usaha, akademisi, masyarakat serta lembaga jasa keuangan/perbankan yang berinteraksi langsung dengan debitur, secara khusus debitur penerima KUR.

"Jadi sebenarnya kita harus meningkatkan cakupan BPJS Ketenagakerjaan yang baru sekitar 36 persen padahal kita mempunyai target untuk Universal Coverage Jamsostek. Ini banyak manfaatnya seperti jika terjadi kecelakan dalam suatu pekerjaan mereka akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan," kata Harisson.

Dirinya mengungkapkan bahwa keberadaan BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk para pekerja formal maupun informal.

"Sasaran kita sekarang untuk para pelaku UMKM untuk mengikuti Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan ini," ungkapnya.

Dalam High Level Meeting yang dihadiri oleh Perbankan, Bupati/Walikota se-Kalbar dan Perangkat Daerah Kalbar tersebut, Harisson mendorong agar nantinya para UMKM saat diberikan KUR dapat diberikan sosialisasi terkait Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan.

"UMKM ini sebenarnya 61 persen PDRB dilakukan oleh UMKM, sedangkan KUR diberikan kepada UMKM dan diharapkan nanti saat pemberian KUR disertai dengan sosialisasi, himbauan kepada penerima KUR untuk dapat mengikuti BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Dilanjutkannya, dengan menyasar para pelaku UMKM, target Universal Coverage Jamsostek (46 persen) dapat tercapai.

"Ini nantinya akan kita dapatkan dari pelaku UMKM yang mendapatkan KUR dari perbankan itu sekitar 7,1 persen. Mudah-mudahan kita bisa menghimbau para pelaku UMKM ini agar bisa mengikuti BPJS Ketenagakerjaan," tutup Harisson. 

Ryan Gustaviana selaku Kepala Kantor Cabang Pontianak menyampaikan pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi.

"Selain dalam meningkatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)," terangnya.

Ryan berharap kedepan coverage kepesertaan Kalimantan Barat agar  meningkat sehingga semakin banyak pekerja yang merasakan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Tentunya menjadi semangat kita untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita pemerintah dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)," tegasnya.

Usai memimpin rapat, Pj Gubernur menyerahkan penghargaan Paritrana Award Tahun 2023 kepada 3 Kabupaten yakni Kabupaten Mempawah, Ketapang dan Kubu Raya. ***

Leave a comment