Kunjungi Dekranasda, Pj Gubernur dan Pj Ketua Dekranasda Kagum Kerajinan Khas Aceh

2024-09-20 04:56:45
Pj Gubernur Kalbar Harisson bersama Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson berkesempatan untuk mengunjungi Gedung Dekranasda Aceh Besar dan Sanggar Warisan Budaya

ACEH, insidepontianak.com - Dalam rangkaian kunjungan kerja di Kota yang dikenal dengan Serambi Mekah, Pj Gubernur Kalbar Harisson bersama Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson berkesempatan untuk mengunjungi Gedung Dekranasda Aceh Besar dan Sanggar Warisan Budaya.

Dalam kesempatan tersebut, kedatangan Pj Kalbar bersama Pj Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar disambut baik oleh pengurus Dekranasda yang sedang bertugas. 

Tampak Pj Gubernur Harisson bersama Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar Windy Prihastari Harisson melihat beberapa koleksi kerajinan khas karya perajin. 

Tertarik dengan keindahan dan keunikannya, Windy membeli sejumlah kerajinan khas Aceh sebagai oleh-oleh.

Dekranasda Kabupaten Aceh Besar yang berada di Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda, Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, menjadi pusat promosi dan pemasaran produk kerajinan khas Aceh.

Setiap daerah mempunyai kerajinan khas masing masing, dengan karakteristik dan nilai seni yang tinggi dan tentunya juga dengan corak yang berbeda masing masing memiliki cerita dan filosofi tersendiri.

Seperti diketahui, tiga jenis produk kerajinan perajin Aceh Besar yang ditampilkan yakni anyaman bili untuk sange, anyaman bili untuk boks (kotak) serta produk songket Abaka. 

Produk inovasi anyaman rotan Kabupaten Aceh Besar, saat ini cukup diminati baik oleh kalangan masyarakat lokal maupun luar Aceh. 

Anyaman rotan merupakan produk unggulan Kabupaten Aceh Besar yang dibina dibawah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Besar, dan telah mengikuti berbagai lomba inovasi ditingkat Daerah maupun Nasional. ***

Leave a comment