Gencar Edukasi, Pj Gubernur Kalbar: Gunakan Hak Demokrasi di Pilkada 2024

2024-09-20 18:22:06
Pj Gubernur Kalbar Harisson

PONTIANAK, insidepontianak.com - Menjelang Pilkada Provinsi Kalbar Tahun 2024, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah melakukan serangkaian persiapan komprehensif.

Langkah-langkah ini meliputi dukungan dana, menjalin komunikasi intensif dengan Bawaslu, KPU, dan DKPP, melakukan koordinasi strategis dengan aparat keamanan untuk memastikan dan menjaga kondusifitas, ketentraman, serta ketertiban masyarakat selama tahapan Pilkada berlangsung.

Pj Gubernur Kalbar Harisson menegaskan hal itu saat menjadi narasumber dalam talkshow Dialog Interaktif bersama Radio Sonora dengan mengangkat tema "Sukseskan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Barat" di Ruang Kerja Gubernur Kantor Gubernur Kalbar, Jum'at (20/9/2024).

Selain itu, pemerintah juga gencar melakukan edukasi pendidikan politik kepada masyarakat.

"Kita juga melakukan sosialisasi kepada kelompok-kelompok masyarakat maupun para pemilih pemula mengenai tahapan Pilkada, pentingnya partisipasi, dan penggunaan hak suara," kata Harisson.

Tepat pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kalbar akan melaksanakan Pilkada.

Dirinya mengajak masyarakat Kalbar untuk dapat menggunakan hak pilih dengan baik dan bijak.

"Saya menghimbau seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan hak demokrasinya, datang ke TPS untuk memilih sesuai hati nurani mengenai siapa yang akan menjadi pemimpin kita," imbuhnya.

Tak lupa dirinya selalu mengajak masyarakat Kalbar untuk mensukseskan pesta demokrasi di Kalbar dan menjaga keamanan dan ketertiban.

"Pesta demokrasi dilaksanakan dengan kegembiraan, dan tidak bermusuhan ketika terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan itu adalah suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga kita harus memiliki toleransi," ajaknya.

Pj Gubernur Kalbar berharap masyarakat dapat menentukan pilihannya sesuai hati nurani tanpa intimidasi dari kelompok kelompok tertentu.

Ia mengharapkan pilkada di Kalbar dapat berjalan dengan damai, aman, tentram dan sukses.

"Ini semua demi terpilihnya para pemimpin Gubernur, Bupati/Walikota, yang benar-benar dapat membangun Kalimantan Barat menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045," tutupnya.

Pilkada Kalimantan Barat 2024 merupakan momentum krusial bagi kemajuan daerah ini.

Partisipasi aktif dan cerdas dari seluruh elemen masyarakat akan menentukan arah pembangunan Kalbar di masa depan.

Dengan persiapan matang dari pemerintah dan kesadaran politik masyarakat yang tinggi, Pilkada Kalbar diharapkan tidak hanya menjadi ajang pemilihan pemimpin, tetapi juga cerminan kedewasaan berdemokrasi masyarakat Kalimantan Barat.

Melalui Pilkada yang aman, damai, dan berkualitas, Kalimantan Barat siap melangkah maju mewujudkan visi pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan. ***

Leave a comment