Cawagub Didi Haryono Bertekad Perkuat Pembangunan Desa

2024-09-20 05:04:33
Calon wakil gubernur Kalbar pendamping Sutarmidji temui tokoh agama di Kota Singkawang, Jumat (13/9/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Bakal Calon Wakil Gubernur Kalbar pendamping Sutarmidji, Didi Haryono bertekad memperkuat pembangunan desa dan kelurahan.

Sebab, diyakini, jika masyarakat di desa-desa dan kelurahan sejahtera, otomatis daerah juga akan maju. 

Karenanya, nanti, semua desa dan kelurahan akan didorong supaya mandiri dengan berbagi kegiatan pembangunan untuk menstimulus kegiatan perekonomian. 

Hal ini disampaikan Didi saat berkunjung ke Pesantren Ushuluddin Singkawang, Jumat, 13 Semptember 2024. Di kesempatan kunjungan ini, Didi turut temui sejumlah tokoh dan menyapa masyarakat. 

Didi memaparkan, di Kalbar tercatat ada 2.145 desa, 99 kelurahan yang tersebar di 174 kecamatan dan 14 kabupaten/kota.

“Saya hapal di luar kepala. Karena saya tahu itu (desa dan kelurahan) harus dipoles, harus dibangun, dengan tahapan-tahapan," katanya. 

"Ada skala prioritas kita lakukan pembangunan,” lanjut mantan Kapolda Kalbar itu. 

Didi sendiri, selain pernah menjabat Kapolda Kalbar, ia juga pernah menjadi Kapolres Kapuas Hulu. Karena itu, ia memastikan tahu betul skala prioritas pembangunan di desa-desa yang dibutuhkan masyarakat. 

Karena itu, dia meminta doa dan restu kepada semua pihak untuk maju mendampingi Sutarmidji di Pilgub Kalbar, dengan misi keberlanjutan pembangunan. 

Sebagaimana diketahui, di era Sutarmidji menjadi Gubernur periode 2018-2023, memang salah satu program strategisnya yaitu melakukan percepatan pembangunan desa mandiri. 

Program ini cukup berhasil. Sebab, di awal Sutarmidji menjadi gubernur, hanya ada satu desa mandiri di Kalbar. Yaitu berada di Kabupaten Kayong Utara. Dan sekarang, desa mandiri sudah 1.079 desa, berdasarkan Data Indeks Desa Membangun Tahun 2024 sebagaimana dilansir dari laman diskominfo.kalbarprov.go.id.

Didi memastikan, siap mendampingi Sutarmidji melanjutkan dan menuntaskan pembangunan dengan penuh tanggung jawab dan integritas. 

“Maka, kami mohon doa restu. Kita bersama-sama membangun Kalbar dengan tekad dan integritas. Apalagi Pak Midji sudah memiliki visi tuntaskan pembangunan infrastruktur dan tata kelola pemerintahan yang bersih," pungkasnya.***

Leave a comment