PPP, Hanura dan PAN Bakal Bentuk Fraksi Gabungan di DPRD Kota Pontianak, Yandi: Pimpinan Masih dalam Konsolidasi

2024-10-04 22:33:04
Ketua Bapemperda DPRD Kota Pontianak, Yandi. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - DPRD Kota Pontianak periode 2024-2029 memungkinkan memiliki satu fraksi gabungan, yang diisi gabungan partai politik karena tak memenuhi jumlah minimal 4 kursi.

Tiga partai yang kemungkinan berkoalisi membentuk fraksi tersendiri adalah PPP, yang punya tiga kursi, Hanura, dan PAN masing-masing dua kursi. 

Anggota DPRD Kota Pontianak dari Partai Hanura, Yandi mengatakan, tiga partai ini akan membentuk fraksi gabungan. 

Adapun nama fraksi ini adalah Fraksi Persatuan Hati Nurani Nasional yang merupakan gabungan dari tiga partai politik.

"Persoalan siapa yang menjabat ketua, masih dalam konsolidasi," kata Yandi. 

Sementara partai lain, dipastikan memiliki fraksi sendiri, seperti PDI Perjuangan dan Gerindra yang masing-masing punya tujuh kursi. Lalu, Golkar enam kursi, NasDem dan PKS masing-masing lima kursi, serta PKB dan Demokrat masing-masing punya empat kursi. 

Yandi menyebut, setelah pimpinan fraksi terbentuk, maka akan dilakukan pembahasan tata tertib guna menyusun alat kelengkapan dewan dan unsur pimpinan. 

Adapun alat kelengkapan DPRD terdiri dari ketua komisi yang berjumlah empat orang. Lalu, Ketua badan pembentukan peraturan daerah, dan ketua badan kehormatan. 

"Kalau unsur pimpinan kita kan sudah tahu, ketua DPRD-nya dari PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar dan NasDem adalah wakil ketua," ungkapnya. 

Yandi optimis, penetapan unsur pimpinan segera dilakukan. Saat ini, kata Yandi, masih berproses di internal partai masing-masing terkait nama pimpinan fraksi dan pimpinan DPRD yang akan ditunjuk.***

Leave a comment