Kadisnakertrans Kalbar Hermanus Ajak Peserta Magang Kerja Luar Negeri Maksimalkan Potensi Diri

2024-09-20 13:47:40
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat, Hermanus membuka secara resmi kegiatan pemagangan tahun 2024, Rabu (19/6/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar, Hermanus membuka secara resmi kegiatan pemagangan tahun 2024, yang mengangkat tema 'Mangang Berkualitas Menuju SDM yang Lebih Cerdas dan Unggul' di kantor Disnakertran Provinsi, Rabu (18/6/2024). 

Mantan Wakil Bupati Kubu Raya ini mengingatkan agar peserta magang dalam negeri itu benar-benar memanfaatkan kesempatan yang diberikan untuk menambah keterampilan sehingga setelah program selesai mereka mendapat pekerjaan. 

Untuk diketahui, program pemagangan itu diikuti 134 peserta. Mereka akan menjalani proses pemagangan selama lima bulan di berbagai tempat yang menjadi mitra Disnakertrans. 

"Peserta pemagangan dalam negeri ini berjumlah 193. Tahap pertama hari ini ada 134. Mereka akan disebar diberbagai usaha seperti perhotelan, otomotif, retail, tambang, konstruksi," kata Hermanus. 

Program pemagangan merupakan program penting dan strategis. Sebab, akan menambah pengetahuan, pengalaman bagi calon tenaga kerja di dunia kerja.

"Lewat program magang peserta dapat menambah pengalaman, pengetahuan sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja," terangnya. 

Hermanus mengatakan, setelah pembukaan program tersebut akan dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian pemagangan, setelahnya baru mereka dapat melaksanakan program magang selama lima bulan. 

"Tentunya selama pemagangan mereka juga akan diberikan hak dan kewajiban. Hak mereka mendapat uang saku dan sertifikat," terangnya. 

Ia juga berharap program pemagangan dalam negeri berjalan lancar. Tidak ada peserta yang mengundurkan diri. 

"Kita juga mengimbau perusahaan yang memerlukan tenaga kerja, kenapa tidak merekrut peserta pemagangan," pungkasnya.***

Leave a comment