Bupati Satono Buka Festival Budaya Perbatasan 2023, Harap Jadi Program Berkelanjutan

2024-09-20 15:45:40
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas Satono membuka Festival Budaya Perbatasan 2023 yang digelar Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII Kalimantan Barat, di Komplek Kantor Bupati Sambas, Jumat (22/9/2023).

Bupati Satono, merasa bangga karena Kabupaten Sambas dipilih Balai Pelestarian Kebudayaan XII Kalimantan Barat untuk menjadi tuan rumah Festival Budaya Perbatasan 2023.

“Terima kasih atas berkenan menjadikan Sambas sebagai destinasi kegiatan perdananya di Kalimantan Barat,” Ucapnya.

Kabupaten Sambas terletak paling utara di Kalimantan Barat dan daerah perbatasan. Sambas juga merupakan daerah Kerajaan, mempunyai nilai sejarah yang luar biasa yang diturunkan oleh para pendahulu hingga hari ini dapat dijaga dan lestarikan bersama.

“Budaya adalah nilai bagi kita semua anak bangsa, nilai sejarah dan nilai lainnya. Indonesia memiliki yang potensi-potensi kebudayaan yang luar biasa, yang tidak kalah dengan potensi-potensi nilai kebudayaan yang ada di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sambas,” katanya.

Kebudayaan daerah merupakan bagian dari kekayaan budaya bangsa yang perlu terus dijaga jaga dan dikembangkan dalam proses kebudayaan daerah, tidak saja menjadi unsur utama pembentuk budaya nasional, tetapi juga merupakan bagian dari keragaman.

“Perbedaan suku bangsa ras agama jangan pernah kita jadikan perpecahan diantara kita semua sebagai anak bangsa. Justru perbedaan suku bangsa me jadi semangat kita untuk memperkokoh ukhuwah diantara kita semua,” pesannya.

Bupati Satono berharap kegiatan tersebut bukanlah yang terakhir dan tidak hanya sebagai ajang silaturahim saja, melainkan untuk bekerja sama dan berkolaborasi memajukan kebudayaan di Kalimantan Barat.***

Leave a comment