Kabupaten Sambas Raih Peringkat 4 Popda Kalbar 2024

2024-09-20 09:38:02
Kontingen atlet Popda Sambas Saat Menerima Medali. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Kabupaten Sambas raih peringkat 4 di ajang Pekan Olahraga Daerah atau Popda Kalbar 2024, dengan perolehan 9 medali.

Adapun medali yang diperoleh yaitu 2 emas, 1 perak, 6 perunggu, meningkat dari tahun sebelumnya yang menduduki peringkat 11.

Kepala Bidang Olahraga, Disporapar Kabupaten Sambas, Herry Aprizal menyampaikan tim Popda Sambas memenangkan 6 dari 8 cabang olahraga.

Adapun cabang perlombaan yang dimenangkan yaitu bulu tangkis, sepak bola, sepak takraw, pencak silat, tenis lapangan, dan cabang olaharaga tinju.

“Pada tahun 2024 Kabupaten Sambas berada pada posisi 4 dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar, sedangkan pada tahun 2023 yang lalu berada pada posisi 11. Hal ini dikarenakan pada tahun 2023 cabang yang dipertandingkan adalah olahraga perorangan,” ujarnya, Selasa (2/7/2024).

Berikut cabang dan peserta lomba kontibgan Sambas yang berhasil meraih medali di ajang Popda Kalbar 2024:

1. Bulu Tangkis

Pada cabang bulutangkis atlet Kabupaten Sambas berhasil meraih medali Perunggu pada nomor tunggal putra atas nama Khoirul Faqih.

2. Sepak Bola

Di cabang sepak bola atlet Kabupaten Sambas berhasil meraih medali perunggu, setelah mengalahkan tim dari Kabupaten Landak.

3. Sepak Takraw

Di cabang sepak takraw atlet, Kabupaten Sambas berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Kabupaten Mempawah di babak final.

4. Pencak Silat

Pada cabang pencak silat atlet Kabupaten Sambas berhasil meraih 3 medali yaitu :

- Medali Emas di kelas C Putra 47 Kg s/d 51 Kg atas nama Dapa Riki Ananda.

- 2 medali Perunggu di kelas C Putri 47 Kg s/d 51 Kg atas Riana Ayu .

- ⁠ Kelas F Putra 59 kg s/d 63 kg atas nama Raditya.

5. Tenis Lapangan

Pada cabang tenis lapangan berhasil meraih medali perak di nomor tunggal putri atas nama Dinda Aprianti.

6. Tinju

Pada cabang tinju berhasil meraih 2 medali perunggu yaitu pada kelas Putra 63,5 Kg s/d 67 kg atas nama Muhammad Khoiril dan kelas putri 45 kg s/d 48 kg atas nama Aisy Naumi Aufa.

Herry mengatakan, adapun apresiasi dan perhatian dari Pemda Sambas Sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan dan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2022 tentang Pemberian Penghargaan Prestasi Olahraga, maka Pemda Kabupaten Sambas akan menyiapkan bonus. 

“Nanti akan diberikan hadiah yang besar atau nilainya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” pungkasnya.***

Leave a comment