Di Acara Festival Budaya, Raja Sanggau Sampaikan Kontribusi Sutarmidji dalam Pembangunan Bumi Daranante

2024-09-20 05:02:51
Sutarmijdi hadiri pembukaan Festival Budaya Paradje’ Pesaka Negeri ke-XVI Keraton Surya Negara Sanggau, Kabupaten Sanggau, Rabu (18/9/2024) pagi. (Istimewa)

SANGGAU, insidepontianak.com – Sutarmidji turut hadiri dalam pembukaan Festival Budaya Paradje’ Pesaka Negeri ke-XVI Keraton Surya Negara Sanggau, Kabupaten Sanggau, Rabu (18/9/2024) pagi.

Calon gubernur Kalbar itu datang mengenakan baju telok belanga berwarna abu-abu, lengkap dengan peci, khas melayu.

Ia tiba di pintu gerbang Keraton Surya Negara Sanggau, bersama para pejabat yang hadir langsung disambut dengan penampilan palang pintu silat, dan tari persembahan.

Para tamu yang datang langsung diterima dengan hangat oleh Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman, dan Ratu Suri Surya Negara Sri Rahmawati, selaku tuan rumah.

Pembukaan Festival Budaya Paradje’ Pesaka Negeri ke-XVI Keraton Surya Negara Sanggau ini juga iikuti Ketua Forum Silaturahmi Kerajaan Nusantara (FSKN). Juga dihadiri para raja, dan sultan serta para petinggi negeri di Bumi Daranante.

Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman mengatakan Paradje’ Pesaka Negeri adalah event budaya yang setiap tahun digelar di Keraton Surya Negara Sanggau.

Rangkaian festival budaya ini, juga menggelar ritual adat pembersih negeri. Bermaka sebagai munajat kepada tuhan. Agar dijauhkan dari marabahaya, wabah penyakit, supaya masyarakat bisa hidup nyaman dan bersahaja.

"Jadi ada sejumlah ritual yang digelar terdahulu berupa Beroah Agong, kirab Paradjek Pesaka Negeri atau berjalan membersihkan negeri, dan Tolak Ajong,” jelas Gusti Arman.

“Kemudian baru berbagai lomba dalam festival budaya melayu,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Gusti Arman juga menyampaikan terima kasih kepada Sutarmidji yang sudah hadir.

Ia tak lupa mengenang jasa-jasa dan perhatian Sutarmijdi untuk pembangunan Sanggau selama menjabat sebagai gubernur Kalbar periode 2018-2023.

Bahkan, menurut Gusti Arman, panggung yang berdiri kokoh tempatnya berpidato juga sumbangan pembangunan Pemprov Kalbar di masa pemerintahan Sutarmidji.

"Keraton Surya Negara ini dibangun dari APBD Provinsi Kalbar, dibangun sampai waterfront. Ini dibangun oleh Pak Sutarmidji yang memberi dana. Terima kasih Pak Sutarmidji," ucapnya.

Arman juga menyampaikan ke masyarakat Sanggau, jejak pembangunan era Gubernur Sutarmijdi di Bumi Daranante, tak hanya di kawasan keraton. Tetapi lebih dari itu.

Salah satunya Taman Arong'k Belopa yang setiap malam minggu selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk bersantai. Taman ini juga dibangun Pemprov Kalbar.

“Saya yang minta dengan Pak Midji, Pak tolong Pak bantu dana dari APBD Provinsi Kalbar untuk membangun taman Arong'k Belopa," tutur Gusti Arman.

“Alhamdulillah Rp6 miliar, Pak Sutarmidji memberi dana, jadi bergabung APBD Provinsi Kalbar dengan APBD kabupaten, maka terbangunlah taman Arong'k Belopa yang saat ini selalu malam ramai dikunjungi masyarakat,” sambungnya.

Kemudian, ada juga pembangunan taman di depan Kantor Pengadilan Negeri Sanggau yang memiliki pernak-pernih air mancur berwarna-warni.

“Itu juga dibangun berdasarkan suntikan dana dari APBD Provinsi Kalbar,” lanjutnya

Karena itu, Gusti Amran mendoakan hajat Sutarmidji maju calon gubernur periode kedua bersama Didi Haryono berjalan lancar, dan diharapkan bisa memenangkannya.

“Kami doakan Pak Sutarmidji yang berpasangan dengan Pak Didi, mantan Kapolda kita menang Pilkada," ucapnya mendoakan.***

Leave a comment