Keterwakilan Perempuan di DPRD Sanggau 2024-2029 Minim

2024-10-02 13:29:34
Foto: insidepontianak.com -- Agustini Ramadhani, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau masa jabatan 2024-2029.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau 2024-2029 telah resmi dilantik.

Namun keterwakilan perempuan di DPRD Kabupaten Sanggau mengalami penurunan dan minim jumlahnya dibandingkan periode sebelumnya.

Periode sebelumnya, sosok perempuan di DPRD Kabupaten Sanggau ada sebanyak 7 (tujuh) orang ditambah 2 (dua) orang yang masuk belakangan sebagai pengganti antar waktu (PAW). Hingga periode 2019-2024 berakhir setidaknya ada 9 (sembilan) srikandi yang sebagai bentuk nyata keterwakilan perempua di DPRD Kabupaten Sanggau.

Kemudian pada periode 2024-2029, hanya tersisa 4 (empat) orang. Yakni, Efipania Ratih Kumala Dewi (Partai Golkar), Agustini Ramadhani (Partai Gerindra), Titik Erni Kurniah (PPP) dan Ropina (Partai Demokrat).

Melihat fenomena tersebut, Agustini Ramadhani salah satu Anggota DPRD terpilih mengatakan realitas saat ini menunjukan perempuan mengalami kesulitan untuk bisa bersaing dan masuk ke parlemen tingkat kabupaten/kota.

Walau hanya tersisa empat orang perempuan di DPRD Sanggau, Agustini yakin masih bisa tetap bekerja maksimal dan memperjuangkan hak-hak dan aspirasi perempuan di Kabupaten Sanggau.

"Jangan ragu walaupun hanya empat orang kami akan melaksanakan aspirasi masyarakat (perempuan)," kata Agustini saat diwawancarai usai pelantikan belum lama ini.

Agustini berharap pada pemilihan umum selanjutnya perempuan bisa diberikan ruang lebih untuk bisa mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

"Walaupun memang mencari dewan perempuan itu agak sulit-sulit gampang. Tapi mudah-mudahan di tahun 2029 nanti bisa bertambah dewan perempuan nya," pungkas Agustini, Anggota DPRD terpilih dari Partai Gerindra. (Ans)

Leave a comment