Sekolah Kebangsaan eLSIM Kalbar di Singkawang, Edukasi Pelajar Jadi Pemilih Cerdas

2024-09-20 04:56:55
Para siswa dan Mahasiswa Singkawang membaur penuh semangat mengiktui program sekolah kebangsaan yang digelar Lembaga Studi Islam dan Masyarakat (eLSIM) Kalimantan Barat bekerja sama dengan Tular Nalar Mafindo, Kamis (8/8/2024). (Istimewa)

SINGKAWANG, insidepontianak.com - Lembaga Studi Islam dan Masyarakat atau eLSIM Kalimantan Barat, bekerja sama dengan Tular Nalar Mafindo, menggelar sekolah kebangsaan, Kamis (8/8/2024).

Kegiatan itu berlangsung di aula kantor wali kota Singkawang. Dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Asmadi. Pesertanya para perwakilan pelajar SMA, SMK dan Madrasah Aliyah dan mahasiswa.

Direktur eLSIM Kalbar Zulkifli menyampaikan, kegiatan sekolah kebangsaan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterlibatan pemilih pemula dalam menyukseskan Pilkada serentak 2024.

Karena itu, sasaran kegiatan sekolah kebangsaan ini melibatkan pelajar dan mahasiswa se-Kota Singkawang berjumlah 100 orang.

“Terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dengan aktif dan penuh semangat hingga selesai,” ucap Zulkufli.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Asmadi pun mengapresiasi eLSIM Kalbar dan Tular Nalar Mafindo yang sudah melaksanakan kegiatan sekolah kebangsaan ini.

Dia berharap para peserta mendapat wawasan yang cukup mengenai Pilkada serentak sehingga bisa menjadi pemilih aktif dan partisipatif.

“Kita berharap para pelajar ini bisa menjadi pemilih cerdas serta mampu mendeteksi dan menanggulangi hoaks yang massif di musim-musim politik,” uapnya.

Salah satu pemateri dalam sekolah kebangsaan ini yaitu dari Komisioner KPU Kota Singkawang, Ayu Ginantari. Dalam pemaparannya, disampaikan pentingnya keterlibatan pemilih pemula dalam Pemilu.

“Karena itu, generasi muda harus memahami arti penting pemilu dalam konteks demokrasi dan tahapan Pemilukada serentak 2024,” ucapnya.

Untuk diketahui, sekolah kebangsaan yang digelar eLSIM ini sudah seri ketiga. Seri pertama digelar pada Oktober 2023 di Kota Pontianak dan seri kedua pada Desember 2023 di Sukadana, Kayong Utara.***

Leave a comment