Timnas Belanda Siap Ambil Mahkota Piala Dunia Qatar 2022: Luis van Gaal Muak dengan Kutukan Raja Tanpa Mahkota

2024-09-22 08:58:36
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Penampilan timnas Belanda di beberapa ajang pertandingan bola tidak bisa dikesampingkan. Tim berbaju oranye tersebut dipastikan akan membuat gempar kembali di Piala Dunia Qatar 2022.

Pada Piala Dunia Qatar 2022, timnas Belanda akan bertanding di Grup A melawan Senegal, Qatar, dan Ekuador. Bagi tim asuhan Louis van Gaal tersebut melawan Negara-Negara yang telah disebutkan tadi, sepertinya bukan halangan yang perlu dikhawatirkan.

Bagi mereka pertandingan kancah Internasional seperti Piala Dunia Qatar 2022, merupakan pertarungan wajib bagi tim yang di asuh Louis. Belanda saja tampil heboh di pertandingan Piala Dunia 1974 dan memberi kejutan bagi mata dunia, sehingga media cetak setempat tak henti meliputnya.

Baca Juga: Sejarah Tokoh Legendaris Korea Pada Piala Dunia: Mulai Alami Masa Transisi hingga Talenta Muda Jadi Korban

Kala itu kapten mereka, Rinus Michels, berhasil membawa tim oranye menuju babak final. Sebuah pencapaian yang mengejutkan ini sempat mati di pertandingan setelahnya, sehingga membuat mereka dipandang sebelah mata.

Akan tetapi satu dekade terakhir, pandangan merendahkan dari para penonton ataupun timnas lain mulai berubah.

Dengan baju oranye mereka yang terus melekat di saat pertandingan, timnas belanda berhasil menghapus kasta hirarki dunia persepak bolaan yang dulunya biasa dipegang oleh Brasil, Jerman, Perancis, maupun Portugal.

Sebelumnya pada Piala Dunia 2010 di Afrika, timnas Belanda yang diarsiteki oleh Bert van Marwijk berhasil melengserkan tim lawan.

Pertarungan tiada henti tersebut diharapkan oleh pendukungnya agar kutukan segara berakhir, lagi-lagi mereka harus gugur kembali.

Kegagalan mereka untuk menjadi raja sepak bola disebabkan kalah dari timnas Sepanyol dengan skor 0-1. Oleh karenanya, sampai sekarang mereka kerap dijuluki dengan 'Raja Tanpa Mahkota', sebuah kutukan yang terus melekat kepada De Oranje.

Kini dinahkodai oleh Louis van Gaal, timnas Belanda berhasil menjadi tim sepuluh top pada pertandingannya di piala EURO 2020 kemarin, walaupun mereka kemudian gugur.

Mengantarkan De Oranje mendapat gelar tim terbaik di Piala Eropa saja sudah membuahkan hasil yang lumayan cukup, mengingat musuh-musuh berat mereka.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, persiapan Luis menghadapi Piala Dunia Qatar 2022 bisa dipastikan cukup matang. Dia sendiri kini merasa muak mendengar sindiran Raja Tanpa Mahkota yang selalu disematkan kepada timnas Belanda.

Piala Dunia Qatar 2022 sekarang yang akan bertepatan pada akhir tahun ini, tepatnya November - Desember, membuat harapan Luis van Gaal sedikit tak terbebani. Para pemain timnas Belanda akan diisi oleh beberapa tim senior dan junior.

List nama-nama pemain senior seperti Daley Blind, Virgil van Dijk, hingga Remko Pasveer dikabarkan turut diundang oleh Luis van Gaal untuk menyonsong kekuatan tim Ons Oranje tersebut. Mereka pernah mengenyam beberapa pertandingan yang tangguh, oleh sebabnya pengalaman mereka tak bisa diragukan.

Terdapat pula pemain muda yang masih berumur 21 tahun, Jurrien Timber, yang dipercayakan untuk menjaga ketat gawang Belanda dari serangan musuh.

Kiper muda ini sudah dikenal dengan kepiawan menangkap bola baik dari Luis, ataupun ketika sedang bermain dengan Jax Amsterdam.

Baca Juga: Profil dan Peta Kekuatan Grup F Piala Dunia 2022

Sedangkan bintang utama di timnas Belanda terdapat Frenkie De Jong, pria yang berusia 25 tahun ini kerap diburu oleh tim-tim besar seperti Manchester United. Hingga artikel ini ditulis, MU masih menanti De Jong untuk segera pindah.

Selain nama-nama tersebut, Cody Gakpo and Xavi Simons juga akan membantu timnya mencemerlangkan nama De Oranje di Piala Dunia Qatar 2022.***

Tags :

Leave a comment