Ayo Biasakan Membaca Doa ini Ketika Turun Hujan: Datangkan Berkah hingga Jauhkan Malapetaka!

2024-09-22 06:23:52
Ilustrasi

Insidepontinak.com - Seperti yang kita ketahui bahwa hujan merupakan anugerah dari Tuhan, Sehingga kita harus membiasakan diri untuk membaca doa ketika turun hujan.

Hujan merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia yang bisa mendatangkan berkah dan juga musibah. Oleh sebab membaca doa ketika turun hujan menjadi kebiasaan umat Islam.

Namun masih banyak diantara kita yang belum mengetahui doa yang dibaca ketika turun hujan, sebelum kita ke pembahasan ini mari kita kenali dulu apa itu hujan.

Baca Juga: Dapat Doa dari Malaikat, Berikut 9 Amalan Terbaik Para Khalifah

Seperti dilansir dari laman BMKG, hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Lantas pentingkah membaca doa ketika turun hujan?

Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. proses terjadinya hujan merupakan kuasa Allah SWT sehingga banyak ulama membaca doa ketika turun hujan.

Allah ‘Azza Wajalla menjadikan hujan sebagai bentuk rahmat untuk makhluk-Nya. Allah ‘Azza Wajalla berfirman,

وَتَرَى الْأَرْضَ هَامِدَةً فَإِذَا أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَأَنْبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ

“Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.” (QS. Al-Hajj: 5)

Hujan tersebut merupakan salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah ‘Azza Wajalla. Seorang penyair pernah mengatakan,

فيا عجباً كيف يعصي الإله * أم كيف يجحده الجاحد

وفـي كل شـيءٍ له آيـة * تدل عـلى أنه واحـد

“Sungguh mengherankan jika ada yang bermaksiat atau ingkar kepada Allah. Padahal di setiap hal di alam semesta ini terdapat tanda bahwasanya Dialah satu-satunya Zat yang berhak dan wajib disembah.”

Oleh karenanya, seorang muslim harus mengisi kesempatan dan nikmat tersebut dengan ketaatan kepada-Nya, berupa doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama ketika turun hujan.

Seperti dilansir dari laman muslim berikut Doa ketika turun hujan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu anha,

أنَّ رَسولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ كانَ إذَا رَأَى المَطَرَ، قالَ: اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

“Bahwasanya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama ketika turun hujan, beliau membaca doa,

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban naafi’an

(Ya Allah turunkanlah hujan yang memberikan manfaat).” (HR. Bukhari no. 1032)

Baca Juga: Doa Penutup Rangkaian Acara Mengajar dan Seminar

Ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menginginkan kebaikan untuk umatnya.

Oleh karenanya, beliau banyak berdoa kebaikan untuk mereka, di antaranya agar Allah menurunkan hujan yang memberikan manfaat bukan hujan yang menjadi petaka.

Demikianlah penjelasan tentang pentingnya kita membaca doa ketika turun hujan semoga bermanfaat dan kita semua selalu menjadi hamba yang dilindungi oleh sang pencipta.***

Tags :

Leave a comment