Berikut 7 Tanda Peringatan Gaslighting Dalam Suatu Hubungan

2024-09-27 20:19:19
Ilustrasi
insidepontianak.com - Gaslighting adalah fenomena beracun yang terlalu sering terjadi dalam hubungan romantis saat ini. Gaslighting merupakan bentuk manipulasi yang parah yang membuat korban begitu rentan dan berpikiran rapuh sehingga mereka mempertanyakan seluruh realitas mereka. Pada awalnya, Gaslighting memikat mangsanya dengan kisah-kisah menarik dan sikap yang sempurna. Gaslighting membuat korbannya merasa seolah-olah berada dalam dongeng kehidupan nyata. Tapi begitu mereka mendapatkan kendali yang cukup atas mainan baru mereka, dongeng itu berakhir. Mereka mengubah hidup anda menjadi neraka yang hidup. Mereka membuat anda mempertanyakan harga diri anda, kemampuan anda membuat keputusan, dan persepsi anda tentang orang-orang di sekitar anda. Sedihnya, saat anda menyadari bahwa anda telah hidup dalam kebohongan, seluruh dunia Anda hancur di depan mata anda. Kebenaran yang pahit adalah bahwa jika anda curiga pasangan anda mungkin menyulut anda, kemungkinan besar mereka memang melakukannya. Dalam kasus sensitif seperti itu, mempercayai insting Anda adalah hal yang benar untuk dilakukan. Tetapi jika anda masih ragu bahwa itu mungkin hanya ada di kepala Anda, Anda setidaknya harus menyadari tanda-tandanya. Berikut adalah 7 tanda bahaya yang disoroti oleh pasangan Anda:
  1. Seringkali, anda merasa linglung dan bingung.
Anda sering merasa bingung, terutama saat berada pada orbit pasangan anda. Mereka membuat anda gugup dan tidak menyadari apa yang mungkin terjadi selanjutnya. Hampir terasa seperti orang penting anda berusaha keras untuk membuat Anda tidak tahu apa-apa. Nah, mungkin inilah tepatnya yang mereka lakukan, jadi lebih baik percaya intuisi anda sebelum semuanya menjadi tidak dapat diperbaiki.
  1. Anda akhirnya merasa bersalah setelah menunjukkan kesalahan mereka.
Setiap kali anda memanggil pasangan anda karena berbohong kepada anda, menyakiti anda, bahkan selingkuh, mereka memutarbalikkan fakta sehingga anda akhirnya merasa bersalah. Entah bagaimana mereka menyajikan segalanya sedemikian rupa sehingga apa pun yang mereka lakukan, mereka melakukannya karena anda. Apakah anda benar-benar berpikir mereka memiliki hak untuk melakukannya?
  1. Mereka menggunakan rasa tidak aman anda untuk melawan anda.
Kalian berdua sudah beberapa lama berpacaran, jadi pasanganmu tahu hampir segalanya tentangmu, termasuk kelemahanmu. Sayangnya, alih-alih membantu anda mengatasi iblis anda, mereka terus-menerus menunjukkan rasa tidak aman anda dan menanamkan keraguan diri yang parah di benak anda. Akhirnya, perilaku beracun ini membantu mereka mendapatkan kendali atas anda, yang cukup bagi mereka untuk memanipulasi setiap keputusan yang Anda buat dengan percaya diri.
  1. Mereka memberitahu hal-hal seperti, "Kamu terlalu sensitif" atau "Kamu bereaksi berlebihan."
Setiap kali anda mengungkapkan kemarahan yang dipicu oleh cara mereka memperlakukan anda yang tidak dapat diterima, mereka mencoba meyakinkan bahwa anda bereaksi berlebihan. Mereka bertindak seolah-olah perasaan anda tidak penting, dan anda tidak berhak marah atas perilaku mereka. Sayangnya, semakin mereka bertindak seperti itu, semakin anda mulai mempercayai kata-kata mereka.
  1. Anda merasa tidak mampu membuat pilihan sendiri.
Jika anda menjalin hubungan dengan pemantik gas, kemungkinan besar anda merasa tidak bisa membuat keputusan penting. Itu adalah hasil dari semua kendali yang dimiliki pasangan anda atas anda. Anda begitu terjebak dalam permainan pikiran mereka sehingga anda sekarang yakin bahwa Anda tidak memiliki kekuatan untuk membuat pilihan sendiri.
  1. Kisah-kisah menghibur mereka jarang didukung oleh fakta nyata.
Gaslighting sering memikat korbannya dengan menceritakan kisah-kisah menakjubkan tentang petualangan, kesuksesan, dan pencapaian yang belum pernah mereka alami dalam kehidupan nyata. Namun, mereka menceritakan kisah-kisah ini dengan begitu bersemangat dan dramatis sehingga anda hampir tidak pernah punya waktu untuk mempertanyakan kata-kata mereka. Dan ketika datang ke janji, mereka ahli dalam membuat anda percaya bahwa mereka akan berubah dan hal-hal akan kembali normal. Tapi mereka tidak pernah melakukannya, bukan?
  1. Anda tidak pernah melihat teman dan keluarga anda lagi.
Apa yang telah terjadi? Bagaimana Anda bisa begitu terisolasi dari orang yang anda cintai?  Mungkin, pasangan manipulatif anda yang memaksa anda menjauhkan diri dari orang lain agar mereka dapat mendapatkan perhatian penuh anda. Mungkin mereka membuat anda percaya bahwa anda tidak membutuhkan cinta orang lain. Tetapi ini hanya membuat anda merasa lebih kesepian daripada yang pernah anda alami sepanjang hidup anda. Sekarang yang biasanya anda curhat terlalu jauh dari anda untuk membantu anda melewati badai. Begitulah cara Gaslighting memperlakukan korbannya.  

Leave a comment