Dewan Pontianak Bebby Harap Pemkot Subsidi Siswa Kurang untuk Bisa Sekolah di Swasta

2024-09-27 14:21:33
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota Komisi IV DPRD Kota Pontianak, Bebby Nailufa meminta Pemerintah Kota Pontianak mencari solusi menyelesaikan persoalan PPDB sistem zonasi yang setiap tahun menimbulkan persoalan.

Salah satunya dengan penambahan ruang kelas dan memberikan subsidi kepada masyarakat kurang mampu, agar bisa melanjutkan pendidikan di sekolah swasta.

Menurut legislator Golkar ini, persoalan PPDB, bukan hanya terjadi di Kota Pontianak saja. Tapi juga di seluruh Indonesia. Salah satu persoalannya karena sekolah yang tidak merata.

"Misalnya di Pontianak Tenggara, Pontianak Utara dan Timur masih kurang sekolah," katanya.

Di samping itu, sosialisasi PPDB juga dinilai belum masif. Sebab, masih dijumpai masyarakat yang belum paham cara mengunakan aplikasi untuk mendaftarkan anak. Sebab, ada beberapa jalur yang mesti dipilih.

"Mereka bingung pilih sistem zonasi, atau prestasi, mutasi," ucapnya.

Untuk itu, pemerintah diminta mencari solusi megatasi persoalan PPDB. Sebab, animo masyarakat menyekolahkan anaknya di sekolah negeri tinggi karena murah.

Menurut Bebby, pemerintah ke depan harus membangun lagi sekolah. Namun, butuh anggaran yang besar. Di samping itu, akan berdampak pada sekolah swasta di Pontianak.

"Solusi yang bisa dilakukan penambahan ruang kelas dan perawatan harus ditingkatkan," ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah diharapkan memberikan subsidi bagi siswa kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan di sekolah swasta.

"Kalau semua ditampung sekolah negeri, sekolah swasta berat bertahan. Untuk itu kita harapkan pemerintah memberi subsidi bagi siswa kurang mampu," pungkasnya. (Andi)***

Leave a comment