Suka Dengerin Musik tapi Malu Tanyakan Judul? Berikut 5 Aplikasi Pencari Judul Lagu Ini Bisa Bantu Kamu

2024-09-25 04:23:38
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Berkat 5 aplikasi pencari judul lagu yang akan dijabarkan selanjutnya, Anda tidak perlu lagi repot-repot menanyakan nama lagu saat diputar di tempat umum.

Bahkan, sebagian dari 5 aplikasi pencari judul lagu ini dapat menampilkan penyanyinya secara singkat. Oleh sebab itu, tools tersebut dipercaya dapat membantu Anda yang menjadi penggemar musik.

Sebagai penikmat musik, kehadiran 5 aplikasi pencari lagu tersebut pun gemar digunakan. Mereka hanya perlu menginstall, kemudian memberi command dalam kata-kata untuk menemukan musik yang dicarinya.

Aplikasi pencari otomatis dalam bidang musik seakan menjadi asisten pribadi. Meski dalam bentuk mesin buatan, kinerja mereka dinilai sangat handal untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam menikmati lagu.

Bila dibandingkan dengan cara manual, justru mesin pencarian musik tersebut bernilai lebih positif. Sebab, langkah pencarian tradisional lebih memakan banyak waktu.

Biasanya, penggemar musik akan memasukkan kata kunci pada kolom search. Setelah Google berhasil menyajikan data yang diterima, mereka harus menyeleksi kembali agar pencariannya tepat.

Berbeda dengan cara manual, tools kecerdasan buatan pencari judul lagu yang hadir dalam bentuk aplikasi bekerja melalui via suara.

Maksudnya, pengguna hanya perlu mendengarkan aplikasi atau asisten pribadi tersebut ke sumber lagu. Lantas, dalam hitungan detik mereka akan menyajikan musik dengan tepat.

Adapun persiapan yang harus dilakukan tergolong simpel. Pengguna harus menyediakan jaringan koneksi internet stabil, serta sebuah perangkat berupa tablet atau ponsel ringkas.

Untuk mengetahuinya secara detail, berikut daftar 5 aplikasi pencari lagu yang bisa Anda jajal:

  1. Soundhound.

Melakukan pencarian judul lagu dengan Soundhound tergolong mudah. Pengguna hanya perlu mengetuk tombol 'Listening', lalu biarkan aplikasi mendengarkan lagu yang tengah dimainkan.

Dalam hitungan beberapa detik, pengguna pun akan mendapati daftar lagu yang sedang dicari.

Pastikan Anda mengunduhnya di toko aplikasi resmi. Untuk pengguna Android, selayaknya mendownload di Play Store, sedangkan bagi perangkat iOS pada toko Apps Store.

  1. Shazam.

Cara kerja Shazam sangatlah mirip dengan Soundhound. Pengguna hanya perlu mengklik tombol 'Listening', agar aplikasi dapat bekerja dengan baik.

Pastikan pengguna mendekati sumber suara, sehingga hasil pencarian musik dapat disuguhkan dengan tepat. Shazam sendiri dapat diunduh secara gratis, baik di Play Store ataupun Apps Store.

  1. Google Assistant.

Berbeda dengan jenis aplikasi sebelumnya. Google Assistants sebenarnya perangkat lunak yang dikhususkan bagi Android, untuk membantu penggunanya mudah berselancar di internet.

Namun, selain memudahkan pencarian sumber atau artikel. Google Assistant dapat juga digunakan untuk mencari sebuah judul lagu.

Caranya cukup mudah, pengguna Android hanya perlu mengucapkan 'Hey Google' untuk mengaktifkannya. Selanjutnya, berilah perintah berupa kalimat 'Google cari judul lagu berikut ini'.

  1. Siri.

Asisten pribadi selanjutnya hanya dikhususkan bagi pengguna perangkat Apple. Tepatnya, mereka yang memakai sistem iOS dapat mencari lagu melalui Siri.

Sedikit mirip dengan kode pengaktifan Google Assistant, pengguna harus menyapa Siri dengan kalimat 'Hey Siri'. Lalu, berilah perintah untuk mencari sebuah judul lagu yang tengah didengarkan.

  1. Musixmatch.

Tools penutup yang dapat membantumu mencari judul lagu melalui aplikasi yang bernama Musixmatch. Pengguna dapat mengunduhnya di toko resmi masing-masing.

Kelebihan fitur yang dimiliki cukup unik. Musixmatch tidak hanya menampilkan judul lagu saja, akan tetapi aplikasi ini juga akan menyuguhkan secara lengkap lirik musik yang didengarkan.

Itulah 5 aplikasi pencari judul lagu yang dipercaya memudahkan pengguna menemukan musik yang tengah diputar. Anda hanya perlu menginstal dan melakukan pencarian, tanpa mengorbankan rasa malu. (Dzikrullah) ***

Leave a comment