Merasakan Kandas Sarai, Sambal Serai Khas Dayak: Ini Resep Sederhananya

2024-09-24 12:22:58
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Makan tanpa sambal? Sepertinya tidak pas bagi lidah orang Indonesia. Maka cobalah sensasi kandas sarai, sambal serai khas Suku Dayak yang menggiurkan.

Ya, sambal khas Dayak ini cukup memberikan sensasi yang berbeda dan rasa yang unik. Pasalnya, serai yang menjadi bahan kandas sarai adalah faktor penentunya.

Semakin khas, kandas sarai itu berasal dari dua kata Dayak. Yakni, "kandas" yang berarti sambal dan "sarai" untuk serai atau bahasa latinnya Cymbopogon citratus.

Melansir mmc.kalteng.go.id, Jumat (15/9/2023), kandas sarai adalah salah satu makanan khas suku Dayak di Kalimantan Tengah. Namanya sambal, tentu pedas dan menggugah selera.

Meskipun begitu, soal tingkat kepedasannya tentu bisa disesuaikan, tergantung kemampuan orang yang mengonsumsi sambal ini. Jadi, bisa disesuaikan.

Yang jelas, selain menggunakan serai, kandas sarai ini menggunakan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan air tawar, antara lain ikan patin yang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan dan mudah didapat.

Selain itu, bisa juga dengan ikan sungai atau air tawar seperti gabus atau behau, tapah, lais, dan sebagainya. Idealnya, ikan yang digunakan bukanlah ikan yang bersisik banyak.

Lagi-lagi, seiring waktu, banyak inovasi pada kandas sarai ini. Pengunaan ikan pun mulai bisa disesuaikan hingga ada yang menggunakan ikan pari. Bahkan, ada yang tidak memakai ikan melainkan udang.

Nah, ikan-ikan itu digoreng atau dipanggang untuk dijadikan campuran sambal. Tapi bukan secara utuh, daging ikan disuwir dan kemudan diuleg bersama serai dan bahan sambal lainnya.

Itulah sebab kuliner khas ini memiliki cita rasa yang enak dan lezat. Sangat cocok dimakan bersama nasi hangat dan lalapan segar, tidak heran banyak diminati oleh masyarakat Kalimantan Tengah.

Berikut resep kandas sarai secara umum seperti dilansir cookpad.com, Jumat (15/9/2023):

Bahan-bahan

  • 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 2 potong ikan (jenis ikan bisa disesuaikan)
  • Cabai rawit (sesuai selera)
  • Cabai merah (sesuai selera)
  • 5 siung bawang merah (bakar)
  • 3 siung bawang putih (bakar)
  • 1 sendok makan terasi (bakar)
  • Secukupnya garam

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan, beri sedikit garam
  2. Bakar/goreng ikan
  3. Bakar bawang merah, bawang putih, dan terasi
  4. Uleg cabai rawit dan cabai merah beserta serai yang sudah diiris tipis-tipis
  5. Tambahkan bawang merah, bawang putih dan terasi bakar
  6. Uleg semuanya hingga dianggap halus dan tambahkan garam
  7. Masukkan suwiran ikan bakar/gorengnya, sisihkan duri atau tulangnya
  8. Uleg daging ikan dalam sambal serainya
  9. Kandas sarai siap dinikmati

Demikian soal kandas sarai, sambal serai khas Dayak yang patut dicoba. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment