Ini Cara Memilih Telur Ayam yang Sehat dan Segar: Dari Bentuk hingga Ukuran

2024-09-22 17:32:57
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Kadang orang sering suntuk begitu memecahkan telur saat akan digoreng, telur ayam itu seperti tidak sehat dan tidak segar, bahkan ada yang busuk.

Padahal, ketika membeli telur ayam di pasar, tentu harapannya telur tersebut segar dan sehat. Dengan begitu, menyantapnya pun jadi lebih tenang.

Tapi itu tadi, tidak semua telur ayam itu segar dan sehat. Anda harus punya pengetahuan agar tak salah memilih ketika membelinya di pasar.

Melansir sehatindofarm.com, Selasa (14/11/2023), untuk menghindari telur ayam yang tidak segar dan tidak sehat, Anda perlu memperhatikan berbagai ciri-ciri telur.

Ya, Anda perlu berhati-hati karena secara kasat mata produk tersebut bisa terlihat sama. Oleh karenanya, Anda harus memahami bagaimana cara memilihnya agar tidak salah dalam membeli.

Nah, berikut ciri ciri telur ayam yang baik, segar, sehat, dan normal:

  1. Perhatikan Bentuk Telur
    Ciri telur pertama yang bisa diperhatikan adalah bentuk telur. Ada berbagai jenis bentuk telur ayam mulai dari yang berbentuk lonjong hingga ada yang berbentuk bulat.

Ciri telur ayam yang baik adalah bentuknya lonjong sempurna dan bukan bulat. Namun, hindari bentuk telur yang terlalu lonjong.

Telur yang berbentuk terlalu lonjong menandakan kuning telur yang kecil. Padahal, sebagian besar nutrisi telur berada pada bagian kuning telur.

  1. Pilih Telur yang Ukurannya Sedang
    Telur yang kecil menandakan bahwa telur dihasilkan dari ayam yang masih muda. Di sisi lain, telur yang berukuran terlalu besar juga menandakan adanya kondisi tidak normal yang dialami ayam.
  2. Lihat Warnanya
    Poin berikutnya adalah perhatikan warna telur yang baik. Ciri telur ayam yang baik biasanya terlihat cerah, tidak berbintik, dan berwarna lebih pekat. Hal ini menjadi pertanda bahwa telur masih segar.

Kalau sudah lama disimpan, biasanya akan muncul bercak hitam pada cangkang telur. Bintik hitam ini merupakan jamur yang tumbuh pada permukaan cangkang.

  1. Pastikan Tidak Ada Retakan dan Lendir
    Periksa retakan dan lendir pada permukaan cangkang. Telur yang sudah retak membuat celah untuk bakteri bisa masuk ke dalam telur.

Apalagi jika telur sampai berlendir. Dua hal ini menjadi pertanda bahwa telur sudah terkontaminasi bakteri.

  1. Rasakan Tekstur Cangkang
    Ciri telur ayam yang baik juga bisa terlihat dari bentuk cangkangnya. Pilih yang tampak bersih, tidak ada kotoran sama sekali.

Telur yang masih baru biasanya agak kasar dan pada permukaan terdapat butiran putih halus, selain itu kalau disentuh terasa kasar.

  1. Cek Berat Telur dan Coba Diguncang
    Bandingkan berat dari beberapa telur menggunakan tangan. Jika telur terasa berat dibanding telur lain, berarti keadaannya masih sangat segar. Kalau ringan maka kondisi telur sudah lama disimpan.

Cek dengan mengguncangnya. Jika telur terasa padat saat diguncang, berarti putih telur masih kental dan kuning telur terkunci di dalam putihnya. Hal ini menandakan telur masih baru.

  1. Cium Aroma Telur
    Anda bisa mendekatkan telur ke hidung Anda, lalu cium aromanya. Biasanya produk segar tidak akan ada bau sama sekali. Aroma yang amis atau busuk adalah ciri ciri telur busuk.
  2. Tes Telur di Dalam Air
    Ciri telur ayam yang baik dan normal selanjutnya adalah telur tenggelam dalam air. Anda bisa melakukan tes dengan cara merendam telur di dalam air.

Telur yang bagus adalah telur yang tenggelam di dalam air. Jika telur tenggelam dan dalam posisi tertidur, maka berarti telur masih baru.

Namun jika telur sudah betul-betul mengambang, maka telur sudah rusak bahkan busuk. Jangan konsumsi telur yang seperti ini.

  1. Tes Kantung Udara Telur
    Gunakan sumber cahaya, seperti lilin atau lampu. Caranya adalah dengan mendekatkan telur ke sumber cahaya, sehingga Anda bisa melihat bayangan dari isi telur.

Dengan menerawang telur seperti ini, Anda bisa melihat isi telur yang bulat dan kantung udara. Nah, jika kantung udara terlihat besar dan warnanya gelap, maka telur sudah tidak segar.

  1. Cek Tekstur Putih Telur
    Jika sudah terlanjur membeli, untuk melihat telur ayam masih baik atau tidak, Anda bisa memecahkan telur ke dalam sebuah wadah, lalu perhatikan ciri ciri tekstur putih telur.

Jika kental, maka telur masih segar, tapi jika encer dan bercampur dengan kuning telur, hal ini menandakan telur sudah lama disimpan.

Demikian informasi soal cara memilih telur ayam kampung yang baik, yang segar dan sehat. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment