Ini Pesan Kodim 1208/Sambas di Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024: Semangat Boedi Oetomo Patut Ditiru

2024-09-20 21:52:36
Kodim 1208/ Sambas Gelar Upacara Harkitnas, Senin (20/5/2024) (dok.istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Kodim 1208/Sambas gelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 116, dilaksanakan di lapangan upacara Kodim 1208/Sambas Jalan Tabtani, Desa Lumbang, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Senin, (20/5/2024).

Dandim 1208/Sambas Letkol Czi Priyo Hindrarto mengatakan, peringatan Harkitnas sebagai bentuk refleksi terhadap kemanjuan bangsa dari masa ke masa.

"Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” ujarnya. 

Ia mengatakan Refleksi atas pilihan tersebut bisa dirujuk dengan "berkunjung kembali" kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita. 

“Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya. Juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan," katanya.

"Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban,” sambungnya.

Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. 

“Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini,” ucapnya.

Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. (Nia)

 

Leave a comment