BUMDesma Disiapkan Jadi Garda Terdepan Tingkatkan Kepesertaaan BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Informal di Desa

2024-09-20 14:36:51
Kepala Bidang Penataan dan Kerja Sama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalbar, Ade Syukri. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Bidang Penataan dan Kerja Sama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalbar, Ade Syukri harap kemitraan BUMDesma dengan BPJS Ketenagakerjaan, mampu meningkatkan jumlah kepesertaaan BPJS Ketenagakerjaan di Kalbar.

Dengan demikian, pekerja rentan atau pekerja informal yang berada di desa-desa dapat terlindung. 

Menurut Ade, perlindungan ketenagakerjaan, berupa BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud negara hadir melindungi para pekerja rentan yang sangat beresiko saat melanjalankan tugas.

"Karena itu kami diberikan tanggung jawab mengikutkan masyarakat desa terutama pekerja rentan BPJS Ketenagakerjaan," kata Ade Syukri, Selasa (4/6/2024). 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalbar sendiri ditargetkan mampu mengikutkan sedikitnya 100 pekerja rentan dari satu desa. 

Ke depan, BUMDesma akan menjadi garda terdepan dalam memberi sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya BPJS Ketenagakerjaan melindungi masyarakat. 

"BUMDesma jadi perpanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan memberi sosialisasi ke masyarakat. Ada keluarga yang belum terlindungi BPJS Ketenagakerjaan bisa mendaftar melalui BUMDesma," pungkasnya.

Di tempat yang berbeda Ryan Gustaviana Kepala BPJS Ketenagakerjaan mengungkapkan program BPJS Ketenagakerjaan sangat penting.

"Melalui BPJS Ketenagakerjaan negara hadir memberi kepastian jaminan kepada pekerja dan masyarakat pekerja di seluruh Indonesia dalam hal apabila terjadi risiko sosial," ucap Ryan. ***

Leave a comment