Dewan Pers Apresiasi IJTI dan PWI Sukseskan UKW di Kalbar

2024-09-20 08:00:55
Wakil Ketua Dewan Pers, Muhamad Agung Dharmajaya saat menutup kegiatan UKW di Hotel Harris Pontianak, Sabtu (27/7/2024). (Insidepontianak.com/Greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dewan Pers mengapresiasi Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), sebab telah sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Harris Pontianak, Kalimantan Barat.

Sebagaimana diketahui, UKW dilaksanakan dalam rangka untuk mengukur apakah seseorang yang bekerja sebagai wartawan sudah pantas disebut sebagai profesional.

UKW ini diikuti oleh 45 orang wartawan se-Kalbar, yang berlangsung selama dua hari, pada 26-27 Juli 2024.

"Kami dari Dewan Pers PWI dan IJTI telah sukses menggelar kegiatan ini," kata Wakil Ketua Dewan Pers, Muhamad Agung Dharmajaya, Sabtu (27/7/2024).

Ia berpesan, bahwa wartawan adalah profesi yang terhormat, sehingga yang menjaga kehormatan itu sendiri adalah diri sendiri.

"Ini adalah forum yang sangat terhormat, sebab ada pelajaran etika yang ditanamkan" ujarnya.

Menurutnya, etika jurnalistik harus ditanamkan kepada seorang wartawan, karena sepintar-pintarnya menjadi wartawan jika etika sudah ditinggalkan, maka itu menjadi nilai minus.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini, ia berharap untuk peserta yang telah lulus mengikuti UKW agar dapat terus menjaga integritas.

"Karena bisnis media adalah bisnis kepercayaan," sambungnya.

Peserta dari IJTI Kalbar, Doris Pardede, mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers, karena telah melaksanakan UKW ini.

"Ini merupakan kesan sangat luar biasa yang saya rasakan," kata Doris. 

Menurutnya, melalui kegiatan ini akan memberikan cara pikir baru, sehingga membuat bekal untuk menjadi jurnalis yang lebih kompeten.

"Proses ini sangat penting untuk jurnalis di Kalbar menjadi lebih baik ke depannya," pungkasnya.***

Leave a comment