5 Tahun Mengukir Prestasi, Mengenang Awal Mula Berdirinya IJTI Kalbar

2024-09-20 08:02:21
Ilustrasi logo iJTI

PONTIANAK, insidepontianak.com - Didirikan pada 3 Agustus 2019, IJTI atau Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Kalbar telah menjadi wadah bagi para jurnalis televisi di Kalimantan Barat.

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalimantan Barat merayakan lima tahun perjalanannya dengan penuh kebanggaan dan pencapaian.

IJTI hadir untuk bersinergi, berkarya, dan berkontribusi bagi dunia jurnalistik di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Awal Berdiri dan Misi Bersama, IJTI Kalbar berdiri atas prakarsa wartawan televisi senior di Kalimantan Barat, yang merasakan perlunya sebuah organisasi profesional untuk mewadahi aspirasi dan pengembangan jurnalis televisi di wilayah ini.

Uun Yuniar, yang menjadi pemegang nahkoda pertama, memimpin pembentukan dan deklarasi IJTI Kalbar sebagai organisasi wartawan televisi.

“Momen saat itu sangat bersejarah bagi kami. Dengan dukungan penuh dari IJTI Pusat dan inisiatif dari rekan-rekan senior, kami berhasil mendirikan IJTI Kalbar sebagai organisasi yang solid dan mandiri,” kenang Uun Yuniar, Ketua IJTI Kalbar saat ini.

Pencapaian Selama 5 Tahun

Selama lima tahun perjalanannya, IJTI Kalbar telah berhasil menggelar berbagai kegiatan yang tidak hanya mempererat hubungan antar anggota, tetapi juga meningkatkan kapasitas dan profesionalitas jurnalis televisi di Kalbar.

eberapa program unggulan yang telah dijalankan antara lain workshop jurnalistik, pelatihan teknis, serta kolaborasi dengan berbagai komunitas dan lembaga pendidikan.

Tidak hanya fokus pada pengembangan internal, IJTI Kalbar juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan budaya, seperti bakti sosial dan kegiatan amal yang melibatkan masyarakat luas. “Kami berkomitmen untuk selalu memberikan dampak positif tidak hanya di lingkungan jurnalistik, tetapi juga bagi masyarakat luas,” tambah Uun.

Memasuki Tahun Keenam dengan Optimisme

Memasuki tahun keenam, IJTI Kalbar tetap optimis dan berkomitmen untuk terus mengembangkan diri.

Mereka berencana untuk meningkatkan frekuensi pelatihan, memperluas jaringan kerja sama dengan media lain, serta semakin memperkuat peran mereka dalam menjaga etika dan kualitas jurnalistik di Kalimantan Barat.

Perjalanan lima tahun ini penuh tantangan, tetapi juga penuh dengan pembelajaran dan kebersamaan.

"Kami berharap IJTI Kalbar dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi dunia jurnalistik, khususnya di Kalimantan Barat," tutup Uun Yuniar.

Dengan semangat yang terus membara, IJTI Kalbar siap melangkah ke masa depan, membawa misi besar untuk memajukan dunia jurnalistik di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat.***

Leave a comment