Fahrur Rofi Temui Sekretaris DPD Golkar Kalbar, Minta Restu Maju Pilkada Sambas

2024-09-20 06:57:15
Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur yang juga tokoh Sambas menerima kunjungan silaturahmi Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, Senin (10/6/2024). Fahrur Rofi kini terus mempersiapkan diri untuk maju sebagai calon bupati Sambas. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Fahrur Rofi temui sekretaris DPD Golkar Kalbar, Prabasa Anantarur, Senin (10/6/2024). Pertemuan itu berlangsung di ruang kerja Prabasa di Kantor DPRD Kalbar. 

Fahrur Rofi memastikan maju di Pilkada Sambas 2024. Akan menjadi penantang Satono yang sudah resmi menggandeng Heroaldi Djuhardi Alwi sebagai calon wakilnya. 

Tujuan Fahrur Rofi menemui Prabasa tak lain untuk meminta restu. Sebab, Prabasa dikenal sebagai salah tokoh politik senior di Kabupaten Sambas dan  cukup diperhitungkan. 

Ia pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Sambas mendampingi almarhum Burhanudin A Rasyid periode 2001-2006. Saat ini, Prabasa pun menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kalbar. 

Adapun almarhum Burhanudin A Rasyid adalah ayah kandung Fahrur Rofi. Pada Pilkada 2020, Fahrur Rofi dipasangkan dengan Satono sebagai wakil. 

Namun, seiring berjalan waktu, keduanya 'berpisah jalan'. Dan di Pilkada 2024 ini, dipastikan Fahrur Rofi dan Satono akan saling bertarung. 

Golkar Belum Bersikap

Prabasa mengatakan, pertemuannya dengan Fahrur Rofi hari ini masih sebatas silaturahmi biasa, sekaligus bertukar pikiran terkait konsep pembangunan Kabupaten Sambas ke depan.

"Selaku orang Sambas biasa silaturahmi, ini menghormati seniornya, dan orang tua. Dan bukan saya saja yang didatangi, tapi tokoh Sambas yang lain juga. Itulah budaya Sambas, menghormati," kata Prabasa. 

Ia melanjutkan, Sambas punya historis yang panjang. Pembentukan Kabupaten Sambas penuh perjuangan. Salah satu tokoh yang berjasa dalam pemekaran Kabupaten Sambas tak lain adalah almarhum Burhanudin A Rasyid. 

"Ini hasil perjuangan orang tua kita. Saya yang meneruskan pertama kali pindah, dan beliau (Rofi) beserta Satono Bupati sekarang mengisi. Dan beliau (Rofi) menghargai minta pendapat pembangunan Sambas ke depan," ucapnya. 

Karena itu, Prabasa tegaskan pertemuannya dengan Fahrir Rofi belum bicara sikap Golkar di Pilkada Sambas. 

"Golkar sampai saat ini belum memutuskan siapa yang didukung untuk Pilkada Sambas," katanya. 

"Sepekan lagi lah kira-kira sudah ada hasil. Karena kita masih survei, apakah kita mendukung Satono atau Rofi," lanjut Prabasa. 

Tapi, Prabasa memuji sosok Fahrur Rofi yang jauh-jauh datang dari Sambas hanya untuk menemuinya dan berdiskusi tentang konsep pembangunan Kabupaten Sambas ke depan. 

"Beliau (Rofi) jauh-jauh datang ke tempat saya silaturahmi," kata dia. 

Minta Restu 

Fahrur Rofi pun mengatakan, pertemuannya dengan Prabasa tak lain untuk silaturahmi, selayaknya junior dengan senior. 

"Adat budaya Sambas ini yang muda menemui senior, dan sekalian belajarlah saya karena beliau adalah senior saya," katanya

Rofi juga mengaku punya hubungan emosional yang dekat dengan Prabasa, karena turut menyaksikannya tumbuh dewasa. 

"Jadi karena beliau tokoh kita di Sambas saya, saya tadi minta wejangan dan restu ke depan. Yang jelas ini komunikasi antarsesama orang Sambas," ucapnya. 

Fahrur Rofi pun mengaku, pertemuannya dengan Prabasa sekaligus membicarakan dinamika politik Pilkada Sambas. Ia sendiri juga sudah mendaftar di Partai Golkar. 

"Saya saat ini pun fokus membangun koalisi. Jika sudah terbentuk partai koalisi, saya akan dengar saran pendapatnya, agar dapat wakil yang benar-benar didukung oleh semua pihak," ucapnya.

Soal sosok wakil, Fahrur Rofi mengaku sudahasa 10 nama yang sedang dipertimbangkan. Mereka berasal dari politisi, akademisi, dan pengusaha.***

Leave a comment