Harisson Harap IKN Bawa Kemajuan Wilayah Perbatasan Kalbar-Malaysia

2024-09-20 06:54:39
Pj Gubernur Kalbar, Harrison mendampingi Mendagri, Tito Karnavian meninjau stand pameran di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (27/8/2024). (Insidepontianak.com/Greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pj Gubernur Kalbar, Harisson berharap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur membawa kemajuan di wilayah perbatasan Kalbar-Malaysia.

Terutama, percepatan pembangunan infrastruktur. Supaya terjadi peningkatan akses dan konektivitas antarwilayah.

“Harapan besar adalah adanya perbaikan dan pengembangan infrastruktur yang terhubung antara Kalbar dan IKN,” harap Harrison, Selasa (27/8/2024)

Harisson menyebutkan, terdapat beberapa rencana projek strategis di perbatasan Kalbar-Malaysia untuk mendukung IKN.

Seperti pembangunan jalur kereta api, hingga pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Sungai Kelik, Kabupaten Sintang.

Selain itu, ada juga rencana pembangunan interkoneksi listrik Kalimantan, pembangunan jalan bebas hambatan Pontianak-Kijing-Singkawang-Sambas-Aruk, serta akses jalur pararel perbatasan sampai IKN, hingga penyelesaian jalan Nanga Pinoh-Ella Hilir perbatasan Kalteng dan Putusibau batas Kaltim.

“Pembangunan proyek yang strategis dapat  berpotensi besar dalam memperkuat konektivitas, serta mendukung pertumbuhan ekonomi di seluruh Kawasan Kalbar,” pungkasnya.***

Leave a comment