Pemdes Binjai Fokuskan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Lansia

2024-09-20 06:46:38
Foto: insidepontianak.com -- Heriyanto, Kepala Desa Binjai, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau

SANGGAU, insidepontianak.com -- Pada tahun 2024 Pemerintah Desa (Pemdes) Binjai, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau menganggarkan dana sebesar RP. 86.400.000 untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD).

Kades Binjai, Heriyanto mengatakan dari 1.084 kepala keluarga (KK) di Desa Binjai hanya 24 KK yang menerima bantuan tersebut. Masing-masing penerimaan manfaat mendapatkan Rp. 300.000 per bulan selama satu tahun penuh.

"Kami dua tahun terakhir penerima BLTDD kami 24 KPM (keluarga penerimaan manfaat,red)," kata Heriyanto saat ditemui di Kantor Desa Binjai pada Senin (22/7/2024) siang.

Walau terbilang sedikit, yang menariknya BLTDD Desa Binjai memang difokuskan untuk warga desa yang sudah lanjut usia (Lansia) yang sudah benar-benar tidak mampu.

"Jadi kami sepakati di Musdes (Musyawarah Desa,red) yang dapat BLTDD ini orang yang benar-benar layak, orang sudah Lansia, sudah tidak mampu bekerja apapun," kata Heriyanto.

Heriyanto mengatakan, pemberian BLTDD yang difokuskan untuk Lansia tersebut berdasarkan seleksi yang ketat dan kesepakatan masyarakat dalam Musdes. Karena memang, BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) diperuntukkan untuk masyarakat yang tidak terakomodir oleh bantuan dari pemerintah daerah atau pusat.

Hingga kini, Pemdes Binjai telah menyakurkan BLTDD untuk  bulan Januari-Juni 2024. Total dari dana yang dialokasikan yang sudah terserap sudah sebesar Rp. 43.200.000. (ans)

Leave a comment