Puluhan Peserta Kabupaten Sanggau Diseleksi Jadi Pemuda Pelopor 2024

2024-09-20 08:06:23
Foto: insidepontianak.com -- Seleksi dan Pembekalan Pemuda Pelopor oleh Disporapar Kabupaten Sanggau, di Aula Hotel Meldy pada Selasa (14/5/2024)

SANGGAU, insdepontianak.com -- Pemuda Pelopor kembali hadir.

Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) mulai lakukan pembekalan dan seleksi kepada peserta ajang pemuda pelopor tingkat kabupaten. 

Kegiatan itu dipusatkan di Hotel Meldy pada 14 Mei-16 Mei 2024.

Kepala Disporapar Kabupaten Sanggau, Libertus Toto Martono mengatakan sebanyak 20 peserta mengikuti tahapan pembekalan dan seleksi. 

Peserta pemuda pelopor berasal dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Sanggau. 

"Yang mana nanti setelah pembekalan, dilanjutkan dengan tahapan seleksi yang nantinya akan kita kirim untuk mengikuti tingkat provinsi," kata Toto Martono, Selasa (14/5/2024) disela-sela kegiatan.

Seleksi pemuda pelopor memiliki tujuan untuk pembinaan dan penguatan kualitas sumber daya manusia generasi muda yang memiliki potensi dibidang kepelopran masing-masing. 

Tentunya untuk membentuk pemimpin di masa depan dan menyongsong Indonesia Emas 2045 yang berkualitas.

Diterangkannya, dalam ajang pemuda pelopor terdapat  lima bidang kepeloporan yang pertama itu pendidikan, agama sosial budaya, lingkungan hidup, pariwisata dan pangan. 

Setiap peserta yang ikut telah memilih kepeloporan masing-masing yang ditekuni minimal selama satu tahun sebelum ajang dimulai.

"Peserta ini. kita liat yang memang kepeloporan nya itu memang dijalankan selama satu tahun, ini yang akan kita lihat bagaimana dalam satu tahun itu kepeloporannya memiliki dampak dimasyarakat sekitarnya," ucapnya.

Lalu dia berharap, melalui ajang tersebut para generasi muda Kabupaten Sanggau lebih termotivasi untuk mengembangkan diri pada kepeloporan dibidang masing-masing. 

Kemudian ketekunannya itu, berdampak positif untuk kemajuan Kabupaten Sanggau. 

"Pastinya harapan kami dengan kegiatan ini, bukan karena ada seleksi ya, tapi pemuda-pemuda Sanggau ini memiliki banyak potensi sehingga mereka juga bisa memberikan sumbangan kemajuan kepada Kabupaten Sanggau," pungkasnya. (ans)

Leave a comment