Jaringan Internet Lemot Saat Streaming? Ketahuilah 3 Cara Mengetahui Kecepatan Internet Berikut Ini

2024-09-21 21:11:16
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Kadangkala koneksi sinyal seluler mengalami error, hingga menyebabkan lemot. Agar tidak emosi berlebihan, kamu hendaknya mengetahui 3 cara mengetahui kecepatan internet.

Dengan bantuan 3 cara mengetahui kecepatan internet ini, kamu bisa mengetahui daya kencang koneksi yang terhubung dengan ponsel. Sehingga, kamu tidak perlu lagi meluapkan kekesalan dengan penuh emosi.

Bila ternyata dengan 3 cara mengetahui kecepatan internet terungkap, bahwa kartu seluler yang baru dibeli tidak cocok di wilayahmu, kamu bisa segera menukar kembali ke tempat konter terdekat.

Perlu diketahui, pembahasan mengenai cara mengetahui sinyal internet ini tidak hanya bisa dilakukan pada smartphone. Bahkan, kamu yang sering menggunakan laptop atau jenis PC lainnya juga bisa melihat status kecepatan sinyal jaringan.

Uniknya, kumpulan cara mengetahui kecepatan internet ini juga tidak hanya berlaku sebagai alat pengecekan kartu seluler. Melainkan, jaringan WiFi kantor atau rumah pun bisa dipantau melaluinya.

Adapun tools pengecekan kecepatan sinyal internet ini bisa dijumpai pada dua jenis. Pertama, kamu bisa melihat status koneksi dengan bantuan aplikasi yang telah dikembangkan oleh provider.

Kedua, trik tersebut hanya bisa dilakukan melalui alamat website yang telah dibuat oleh provider. Jadi, cara tersebut dapat memberikan beragam opsi yang dirasa cocok denganmu.

Agar dapat mengetahui 3 cara mengetahui kecepatan internet ini, simaklah uraian lengkapnya di bawah paragraf ini:

  1. Speedtest.

Alat pertama yang bisa diandalkan untuk memantau kecepatan internet ini dikenal dengan Sppedfast. Tidak hanya dalam bentuk website saja, kamu dapat pula mengunduh versi aplikasinya di Play Store.

Speedfast sendiri merupakan aplikasi dan website yang dikembangkan oleh provider bernama Ookla. Berikut ini cara lengkapnya:

  • Silahkan unduh terlebih dahulu aplikasi Speedtest di Play Store.
  • Kemudian bukalah aplikasi Speedtest yang sudah terinstal pada aplikasi.
  • Atau, kamu bisa mengunjungi laman resminya di Google dengan mengetikkan www.speedtest.net/id pada kolom pencarian.
  • Klik tulisan yang bernada 'Mulai' atau 'Go' agar dapat memantau kecepatan koneksi WiFi atau data seluler.
  • Aplikasi atau website pun akan memberikan pemaparan tingkat kecepatan internet yang terhubung dengan perangkatmu.
  1. Fast.

Website satu ini rupanya buatan dari Netflix. Mengecek status kecepatan internet dengan bantuan Fast dapat memberikan kapan prediksi pengunduhan file, foto, atau video akan selesai.

Bingung cara mengoperasikannya? Simaklah uraian langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi Google.
  • Pada kolom pencarian, ketikkan alamat fast.com/id#.
  • Tak perlu lagi memencet ikon atau tulisan tertentu, Fast secara otomatis akan memaparkan informasi kecepatan internet yang terhubung.
  1. MyRepublic.

Khusus website yang terakhir ini, nyatanya buatan dalam Negeri. Memang benar, MyRepublic merupakan situs pengecekan kecepatan internet yang dibuat oleh provider asal Indonesia.

Adapun caranya hampir sama dengan pengoperasian Speedfast di atas. Begini panduan lengkapnya:

  • Ketikkan laman www.myrepublic.co.id/speed-test.
  • Pada halaman pertama, klik 'Go' untuk memulai pengecekan kecepatan data seluler atau WiFi.
  • Selanjutnya, website akan menampilkan status kecepatan jaringan internet.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 cara mengetahui kecepatan jaringan internet pada data seluler atau WiFi. Selamat mencoba! (Dzikrullah)***

Leave a comment