Pj Gubenur Harrison Ajak Seluruh Perangkat Daerah Beri Masukan untuk RPJPD

2024-09-22 19:26:09
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubenur Kalimantan Barat, Harrison mengajak seluruh perangkat daerah ikut memberikan masukan terhadap Penysunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Kalimantan Barat tahun 2025/2045.

“Seluruh perangkat daerah yang hadir, ikut ambil bagian dalam merumuskan visi dan misi sasaran pokok arah kebijakan pembangunan Kalbar, untuk 20 tahun kedepan,” ujar Harrison, Rabu (15/11/2023).

Harrison menyampaikan, dalam tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) , harus selaras dengan pembangunan jangka panjang nasionl hingga tahun 2045, dengan visi Kalimantan Barat berdaulat maju dan sejahtera.

“Visinya adalah Kalimantan Barat yang maju sejahtera, dan berkelanjutan, dan itulah yang menjadi filosofinya,” ucap Harrison.

Harrison menjelaskan, adapaun tahapan implementasi RPJPD pembangunan 2025/2029 adalah perkuatan pondasi transformasi, tahap kedua tahun 2034 aksi tarnformasi, kemudian tahap tiga yakni 2025/2039 ekspansi global, dan terakhir adalah perwujudan Indonesia emas di tahun 2040/2045.

“Tentu RPJPD belum terlalu detail, hanya filsafat atau dasar-dasarnya saja, nanti baru detail di rencana pembangunan Jangka menengah ,” jelasnya.

“Adapun untuk program dari jangka panjang sendiri sebenarnya untuk meletakan filosofi saja, yang nantiny akan di pecah dan di bagi menjadi 5 tahunan,” sambung Harrison.

Harrison pun berharap melalui Rancangan Penyusunan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), dapat benar-benar menerima masukan dari berbagai perangkat daerah dan masyarakat, pada visi pembangunan Kalbar.(Evi)***

Leave a comment