Ragam Penyakit yang Sebabkan Telapak Kaki Sakit, Ini Penjelasannya

2024-09-22 11:34:59
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Tiba-tiba atau secara berulang telapak kaki Anda sakit, kenapa? Apakah ada penyebab? Apakah ada penyakit lain yang bersarang di tumpuan itu?

Tentu ada penjelsan yang bisa menerangkan soal rasa sakit itu hingga bisa disebut penyakit. Karena itu, memeriksa telapak kaki Anda adalah solusinya.

Ya, memeriksa telapak kaki adalah langkah terbaik untuk mengetahui penyakit apa yang menyebabkan rasa sakit di tumpuan Anda ketika berdiri atau berjalan.

Melansir halodoc.com, Selasa (21/11/2023), telapak kaki yang sakit bisa mengganggu aktivitas yang membutuhkan Anda untuk berdiri dan berjalan. Ada beragam kondisi yang menimbulkan rasa sakit pada telapak kaki.

Kondisi-kondisi ini pun punya gejala dan cara penanganan yang berbeda-beda. Nah, bila sedang mengalami telapak kaki yang sakit, Anda mungkin mengalami salah satu dari kondisi berikut:

  1. Kapalan
    Kapalan adalah masalah kulit yang paling sering timbul di telapak kaki. Lapisan kulit yang tebal dan mengeras ini terbentuk saat kulit mencoba melindungi dirinya dari gesekan dan tekanan. Penebalan kulit ini terkadang menimbulkan rasa sakit saat melangkah karena adanya gesekan dan tekanan.
  2. Plantar Warts
    Plantar warts ini sebenarnya punya bentuk yang mirip seperti kapalan. Masalah kulit yang satu ini juga kerap muncul di kulit-kulit bantalan, seperti di tumit atau telapak kaki.

Tekanan dan gesekan dapat menyebabkan kutil plantar tumbuh ke dalam di bawah lapisan kulit yang keras dan tebal (kalus). Bedanya dengan kapalan, plantar warts disebabkan oleh human papillomavirus.

Virus ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil atau titik lemah lainnya di bagian bawah kaki. Kebanyakan plantar warts bukanlah masalah kesehatan yang serius dan biasanya hilang tanpa pengobatan.

  1. Plantar Fascilitis
    Plantar fasciitis adalah salah satu penyebab umum nyeri tumit. Kondisi ini terjadi ketika pita jaringan tebal yang membentang di bagian bawah kaki dan menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki mengalami peradangan.

Peradangan inilah yang menimbulkan nyeri menusuk yang biasanya terjadi pada langkah pertama di pagi hari. Ketika Anda bangun dan bergerak, rasa sakit biasanya berkurang, tetapi mungkin kembali setelah lama berdiri atau saat berdiri setelah duduk.

  1. Tarsal Tunnel Syndrome
    Tarsal tunnel syndrome (TTS) disebabkan oleh tekanan berulang yang mengakibatkan kerusakan pada saraf tibialis posterior, saraf yang berada di dekat pergelangan kaki.

Saraf tibialis berjalan melalui terowongan tarsal, yang merupakan lorong sempit di dalam pergelangan kaki. Kerusakan saraf tibialis biasanya terjadi saat ada tekanan yang konsisten.

Ketika mengalami TTS, Anda mungkin mengalami nyeri, mati rasa, atau kesemutan. Nyeri ini bisa dirasakan di mana saja di sepanjang saraf tibialis, tetapi umumnya dirasakan di telapak kaki atau di dalam pergelangan kaki.

  1. Telapak Kaki Datar (Flat Feet)
    Kebanyakan orang memiliki lengkungan di tengah-tengah telapak kakinya. Namun, pada orang yang mengalami flat feet, telapak kakinya tidak memiliki lengkungan dan hanya datar saja. Beberapa orang yang punya kaki datar mengalami nyeri, terutama di area tumit atau lengkungan.
  2. Metatarsalgia
    Metatarsalgia adalah suatu kondisi ketika bagian metatarsal (telapak kaki) mengalami nyeri akibat peradangan. Kondisi ini sering kali dialami oleh atlet lari atau atlet lompat. Ada juga penyebab lain, termasuk kelainan bentuk kaki dan sepatu yang terlalu ketat atau terlalu longgar.
  3. Bunion
    Bunion adalah benjolan tulang yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki. Ini terjadi ketika beberapa tulang di bagian depan kaki bergerak keluar dari tempatnya.

Hal ini menyebabkan ujung jempol kaki tertarik ke arah jari-jari kaki yang lebih kecil dan memaksa sendi di pangkal jempol kaki menonjol. Kulit di atas bunion mungkin terlihat merah dan terasa perih.

Demikian beberapa penyebab telapak kaki sakit yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment