Dewan Kalbar Rasmidi Minta Dinas PU Percepat Serapan Anggaran

2024-09-20 09:51:31
Juru bicara DPRD Kalbar, Rasmidi. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalbar, Rasmidi mendorong Pemprov Kalbar mempercepat serapan anggaran infrastruktur tahun 2024, agar tak menyisakan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran atau SILPA yang besar. 

Dorongan itu disampaikan Rasmidi karena tahun ini sudah memasuki triwulan ketiga, sementara serapan anggaran infrastruktur bidang bina marga baru mencapai 40 persen. Serapan tersebut dinilai masih jauh dari target. 

"Kalau disampaikan Kepala Dinas PUPR serapan anggaran Bina Marga baru 40 persen, ini masih jauh di bawah standar," kata Rasmidi, Selasa (2/7/2024). 

Menurut Rasmidi, di triwulan ketiga ini, semestinya serapan anggaran sudah 70 sampai 80 persen. Karena itu, Legislator dapil Ketapang-Kayong Utara itu mendorong agar, proyek yang belum dilelang segera dilaksanakan. 

Begitu juga proyek yang belum ada perencanaan, maka harus segera dibuat konsultan agar segera dieksekusi. 

"Karena rakyat menunggu. Jangan sampai serapan anggaran kita rendah," ujarnya. 

Rasmidi juga mengingatkan, kondisi cuaca yang memasuki musim hujan di akhir tahun. Kondisi tersebut dinilai harus diwaspadai. Jika proyek pekerjaan baru dikebut di akhir tahun, pasti akan berdampak pada kualitas. 

"Sekarang bulan Juni saja sudah musim hujan. Apalagi bulan Desember, ini akan berdampak pada kualitas dan pasti akan menganggu sejumlah kegiatan," katanya. 

Legislator Partai Demokrat ini pun berharap APBD di 2024 tidak menyisakan SILPA. Sebab, di 2023 masih ada SILPA yang cukup besar dan sedang dibahas DPRD. 

"Kita juga selalu melakukan memonitor mana kegiatan yang belum terealisasi," pungkasnya.***

Leave a comment