Desa Parit Baru Menuju Desa Digital

2024-09-20 07:14:12
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, berkomitmen terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi. Salah satunya menjadikan Desa Parit Baru sebagai desa digital.

Kepala Desa Parit Baru, Musa Abdul Hamid mengatakan, pelayanan publik menjadi hal yang penting. Karena itu, desanya terus melakukan berbagai inovasi dalam pelayanan publik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Tujuanya untuk memudahkan masyarakat yang memerlukan administrasi," kata Musa.

Salah satu langkah memudahkan pelayanan publik, dengan membuat Desa Parit Baru menjadi desa digital dengan pelayan administrasi yang bisa diakses secara online.

"Sejak tahun 2023, Desa Parit Baru sudah menargetkan menjadi desa digital. Untuk mencapai target tersebut Desa Parit Baru telah bekerjasama dengan FMIPA Untan dalam hal pembuatan Anjungan Surat Mandiri atau layanan administrasi online," terangnya.

Layanan aplikasi online tersebut, diikuti dengan pembuatan aplikasi-aplikasi lainnya yang mendukung terwujudnya desa digital. Ia juga menyinggung programpusat yaitu smart village yang tidak terlaksana hingga sekarang

Ia berharap program ini tetap diadakan sehingga desa-desa yang sudah menjalankan program smart village dapat terdorong dan bersemangat melaksanakannya.(andi)***

Leave a comment