Sambut HUT RI, Pj Bupati Landak Buka Gerakan Pangan Murah

2024-09-20 04:47:32
Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan

LANDAK, insidepontianak.com - Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2024 yang ke-79, Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Kamis (15/08/2024).

Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berkenan hadir pada kegiatan gerakan pangan murah.

"Kondisi harga pangan pokok strategis sedang mengalami kenaikan. Hal ini melatarbelakangi kegiatan ini sebagai salah satu upaya pengendalian harga pangan pokok strategis seperti beras, minyak goreng, gula, bawang, telur dan tepung terigu," ungkapnya.

Gutmen menjelaskan kegiatan ini dapat terlaksana karena adanya kolaborasi dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, bekerjasama dengan PERUM BULOG Kantor Wilayah Kalimantan Barat.

"Kegiatan GPM dimaksudkan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan untuk membantu masyarakat kabu dan mencegah atau menanggulangi gejolak harga pangan," jelasnya.

Lebih jauh dirinya menerangkan tujuan pelaksanaan GPM adalah untuk mengendalikan inflasi terutama inflasi komoditas pangan. Sejauh ini, Kabupaten Landak berhasil meraih peringkat satu pengendali inflasi terbaik tingkat zona Kalimantan. 

"Kegiatan GPM diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat sehingga dapat memperoleh pangan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dibanding harga pasar," terangnya.

Menurut Pj Bupati Landak dengan adanya kegiatan GPM ini, saya harap pasokan dan harga pangan di Kabupaten Landak khususnya Kecamatan Ngabang senantiasa tersedia dalam jumlah yang memadai, bermutu baik, harga yang wajar serta tetap stabil, sehingga kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi dengan baik.

Tidak lupa ia juga selalu berpesan agar tetap semangat dan produktif dalam melakukan pekerjaannya. 

Terutama bagi pelaku usahatani diharapkan untuk tetap selalu menanam di sawah atau ladangnya agar kebutuhan pangan keluarga dapat terpenuhi. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini khususnya PERUM BULOG Kantor Wilayah  Kalimantan Barat yang sudah bersedia bekerjasama dalam pelaksanaan GPM ini," tutup Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan. ***

Leave a comment