Pj Sekda Kalbar Ajak Petani Jadi Produsen Lewat Pemanfaatan Teknologi

2024-09-20 17:50:16
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari mengajak para petani menjadi produsen.

Caranya, para petani harus bisa menguasai teknologi dan informasi. Sehingga bisa menciptakan produk-produk turunan lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Dengan memanfaatkan teknologi, petani bisa menciptakan produk pertanian yang melimpah, tentu kita bisa jadi produsen," ucap Bari di acara penghargaan bidang pertanian yang diinisasi Dinas Pangan dan Holtikultura Kalbar, Senin (13/11/2023).

Menurutnya, pemanfaatan teknologi pertanian sudah terbukti melahirkan inovasi, sebagaimana yang dilakukan petani yang menerima penghargaan dari Dinas Pangan.

"Saya sedikit takjub dengan inovasi petani membuat potongan buah naga menjadi pupuk dengan menghasilkan buah yang bagus," ucapnya.

"Jadi kita bisa belajar atau kita bisa mengamati produk-produk buah atau tanaman atau pertanian yang dihasilkan oleh negara-negara tetangga, sehingga yang dulunya panen suatu produk pertanian yang hanya setahun sekali, bisa menjadi dua kali dalam setahun," sambung Bari.

Karena itu, dia mendorong Dinas Pangan dan Holtikultura Kalbar terus memberikan program-program penguatan pengetahuan bagi petani, agar adaptif dengan perkembangan teknologi dalam pemanfaatannya.***

Leave a comment