Pemprov Kalbar-BI Kolaborasi Gelar Pasar Murah Gaet Petani Lokal

2024-09-20 15:51:35
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalbar, bersama Bank Indonesia Perwakilan Kalbar melaksanakan pasar rumah, di halaman Kantor BI, jalan Ahmad Yani Pontianak, Jumat, (8/12/2023). Kegiatan pasar murah kali ini turut melibatkan produk-produk petani lokal Kalbar.

"Jelang natal dan tahun baru kebutuhan bahan pokok meningkat, harganya juga ikut naik. Sehingga kita gaet petani lokal untuk bahan pokok subsidi yang lebih murah," ucap Pj Gubernur Kalbar Harisson.

Pasar murah ini menjadi upaya pemerintah mengendalikan harga bahan pokok ditengah persoalan inflasi. Selain itu, juga membantu produk petani lokal mempromosikan hasil produksinya.

Petani lokal asal Siantan Pontianak, Sayuti mengatakan, pelibatan mereka dalam kegiatan pasar murah kali ini juga membantu kelompok tani untuk mengenalkan produknya.

"Kami distributor pertama asal Siantan, diajak oleh BI untuk bergabung menjual sayur. Karena tangan pertama tentu harganya lebih miring," ujar Sayuti.

Dengan kondisi bahan pangan yang naik di pasaran, Sayuti tetap menyiapkan masing-masing sayuran dengan kondisi segar dijual dengan harga Rp5.000 per bungkusnya.

"Kita siapkan sayuran segar selama dua hari, hari ini yang tidak habis tidak kita jual lagi. Sehingga barang fresh. Sebanyak 200 bungkus sayuran, bayam, kangkung, dan nanas khusus disiapkan untuk pasar murah," katanya.

Sementara, BI menyiapkan bahan pokok dengan harga murah, seperti telur ayam, minyak goreng, daging ayam, dan bahan lainnya yang dijual di bawah harga pasar. Pasar murah BI buka sampai tanggal 11 Desember, dari pukul 07.30 WIB hingga 11.30 WIB.***

Leave a comment