Kajati Kalbar Ingatkan Netralitas Kejaksaan di Pilkada Serentak 2024

2024-09-20 08:11:27
Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Edyward Kaban. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Edyward Kaban mengingatkan, seluruh jajaran insan Adhyaksa untuk menjaga netralitas di Pilkada 2024. 

Hal tersebut disampaikan saat memimpin apel Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 yang digelar di halaman Kejati Kalbar, Senin (22/7/2024). 

Edyward Kaban mengingatkan pesan Jaksa Agung untuk terus menjaga nama baik institusi Kejaksaan. Sebab, dalam lima tahun terakhir kejaksaan mampu menjadi lembaga penegak hukum yang dipercaya masyarakat.

"Karena itu, kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum harus melaksanakan tugas secara proporsional, profesional dan tuntas," pesannya. 

Ia pun mengingatkan para insan Adhyaksa untuk melaksanakan tugas dengan hati nurani, dam membangun budaya kerja yang terencana, prosedural dan akuntabel. 

"Gunakan hati nurani dan akal sehat dalam melaksanakan tugas, wujudkan soliditas dalam pola pikir pola tindak," ujarnya. 

Di samping itu, dia juga terus mengingatkan peran penting kejaksaan mewujudkan kepastian hukum dan menyukseskan Pilkada serentak November mendatang. 

Sebab, salah satu peran kejaksaan sebagai bagian dari sentra penegakan hukum terpadu atau Gakkumdu.  

"Kejaksaan sebagai bagian sentra Gakumdu harus berperan aktif," katanya. 

Terakhir, dia juga mengingatkan bahwa netralitas Kejaksaan merupakan harga mati. 

"Tidak ada ruang politik bagi kita. Netralitas adiyaksa harga mati," pungkasnya.***

Leave a comment