Dewan Pontianak Zulfydar: Pemuda Harus Melek Politik

2024-09-20 09:30:26
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar menyerukan pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda. Sebab, anak muda yang melek politik akan menentukan arah bangsa ke depan.

"Pendidikan politik itu luas cakupan dan bentuknya. Namun, benang merahnya adalah bagaimana semua elemen masyarakat termasuk anak muda paham bahwa kita tidak terlepas dari kebijakan hasil politik," ujar Zulfydar Zaidar Mochtar, Minggu (30/4/2023).

Menurut Legislator PAN Kalbar ini, DPRD, Kepala Daerah, hingga Presiden adalah hasil aktivitas politik. Masyarakat sendiri yang menggunakan hak konstitusinya memilih wakil rakyat hingga Presiden.

Lewat orang yang dipilih inilah, pemerintahan berjalan, keputusan politik diputuskan menjawab persoalan dan memberikan solusi.

"Terpenting kebijakan yang dirasakan masyarakat dapat diterima dan dirasakan masyarakat. Kalau ada kontra tentu kritikan atau tindakan harus bersifat membangun," ucap dia.

Di sisi lain, untuk membangun pendidikan politik, anggota dewan maupun kepala daerah harus memberikan teladan kepada masyarakat. Dengan cara itu, ia yakin akan memberikan pendidikan politik yang mudah diterima dan diapresiasi masyarakat.

"Pendidikan dengan teladan penting. Jadi pelaku politik penting memberikan teladan dalam berpolitik. Sehingga masyarakat tidak apatis. Apalagi anak muda saat ini kritis dan mudah mencari informasi dalam banyak hal," terangnya.

Apabila, teladan politik baik, Sekretaris PAN Kalbar ini optimistis akan mendorong anak muda berpartisipasi dalam agenda politik yang menyejahterakan.

Karena itu, ia terus mengajak semua pihak bersama membangun dunia perpolitikan dengan santun, damai, dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Semua elemen bersatu padu membangun negara ini dengan peran dan kapasitas masing-masing. Indonesia kuat dengan peran semua pihak," pungkasnya. (Andi)

Leave a comment