Waspada Serangan Virtex pada Aplikasi WhatsApp, Berikut Cara Atasi Virusnya

2024-09-24 22:22:20
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Bila aplikasi WhatsApp milik Anda terkena serangan Virtex, ikuti langkah-langkah berikut ini yang akan dibagikan tim Insidepontianak.

Serangan Virtex kini cukup merajalela. Aplikasi yang paling sering ditargetkan adalah WhatsApp, bila sudah terjangkit beberapa sistem yang ada WA tidak akan berjalan lancar dalam kurun waktu tertentu.

Terdapat banyak ragam jenis Virtex yang menyerang WhatsApp. Karena variannya cukup banyak, maka efek yang ditimbulkan juga tidak sama. Ada kalanya hanya bersifat ringan, sedang, hingga yang paling parah.

Virtex sendiri merupakan jenis malware (virus), biasanya hadir pada perangkat teknologi dalam bentuk pesan teks. Lumrahnya, berbentuk karakter dan simbol unik.

Tidak hanya itu saja, teks Virtex juga kerap dijumpai dalam bentuk tiga formasi. Yakni, didahului dengan karakter nyeleneh, angka, dan disusul dengan simbol tanda baca.

Hampir seluruh pesan yang berupa virus tersebut tidak bisa dibaca. Sebab, penyusunannya tidak beraturan dan tidak mempunyai arti yang signifikan. Sebagaimana pada contoh berikut:

"99999999 MAdTONjOL 99999999
99999999 MAdTONjOL 99999999
99999999 MAdTONjOL 99999999
99999999 MAdTONjOL 99999999,"

Berdasarkan dampak yang ditimbulkan, Virtex kadang kala memiliki serangan ringan. Karakter yang dimuat hanya dalam format sedikit, sedangkan efeknya dapat membuat WhatsApp lag dalam waktu sementara.

Pada efek yang sedang, karakter yang dimuat dalam satu pesan bisa mencapai 66 ribu. Berbeda dengan jenis pertama, efek kali ini bisa mengakibatkan aplikasi tidak dapat dijalankan dalam waktu lama.

Terakhir, bila jenis karakter yang terkandung pada pesan sampai 66 ribu lebih, bisa dipastikan jenis Virtex tersebut sudah tergolong berat. Virus ini bahkan membuat sistem aplikasi rusak.

Bila segera tidak ditangani, bisa dipastikan aplikasi akan mengalami macet total secara pasti. Untuk menanggulanginya, berikut caranya:

  1. Hapus Pesan Virtex.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara menghapus isi chat yang mengandung simbol nyeleneh, serta tidak diketahui maksud dan tujuannya.

Sebagaimana disebutkan pada bagian atas, bila chat yang diterima sudah memuat ragam corak simbol dan karakter aneh bisa dipastikan pesan tersebut adalah virus.

  1. Hentikan Paksa WhatsApp.

Bila ternyata virus telah menyerang terlebih dahulu sebelum dihapus. Cobalah untuk menghentikan aplikasi yang terkontaminasi, meski dalam bentuk paksaan.

Cara ini bisa dilakukan pada menu Setting ponsel Anda. Kemudian cari pengaturan general, setelah itu pilih opsi Aplikasi.

Geserlah ke bawah, sampai WhatsApp dapat ditemukan. Segera akhiri aplikasi tersebut dengan memberhentikan secara paksa.

  1. Hapus Data.

Virus Virtex yang sudah menguasai sistem, biasanya tidak mampu dengan kedua cara di atas. Bila demikian, cobalah hapus data aplikasi.

Perlu diingat, menghapus data aplikasi sama dengan menghilangkan seluruh data yang ada didalamnya. Jadi, Anda harus rela berkorban demi malware bisa ditangani dengan maksimal.

Setelah cara ini dilakukan. Kemudian, cobalah login kembali dengan nomor ponsel yang sama.

Alangkah baiknya, pengguna harus bersikap bijak ketika menggunakan sosial media. Virtex akan menyerang bila pemilik akun mengklik link sembarangan dari orang yang tidak dikenal.

Oleh sebab itu, pengguna harus mewaspadai segala pesan yang mencurigakan. Kalau perlu, gunakanlah WhatsApp Immune agar aplikasi kebal dari serangan malware.

Demikianlah tentang cara mengatasi Virtex yang terlanjur menyerang aplikasi WhatsApp. Semoga berhasil! (Dzikrullah) ***

Leave a comment