2 Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di Smartphone dan Laptop

2024-09-21 09:58:45
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sebagai pengguna platform Google, terdapat 2 cara hapus riwayat pencarian Google di smartphone atau laptop yang bisa dilakukan.

2 cara hapus riwayat pencarian Google di smartphone dan laptop ini membuat privasi Anda lebih aman. Sebab, penelusuran yang pernah dilakukan tidak dapat terbaca lagi oleh orang lain.

Walau mengandung keamanan privasi, 2 cara hapus riwayat Google di smartphone dan laptop ini memiliki kelemahannya sendiri. Salah satunya adalah artikel atau video yang pernah dicari dan terlupakan tidak bisa dibuka kembali.

Bagi kebanyakan orang, menghapus riwayat Google dipikir sama dengan menghapus penelusuran browser. Nyatanya, kedua hal tersebut sangatlah berbeda dan tidak memiliki keterkaitan yang signifikan.

Secara biasa, riwayat Google ini merupakan fitur untuk menyimpan segala aktivitas penelusuran pada sebuah akun. Jadi, seluruh data tersebut tetap bisa terbaca meski telah berpindah perangkat.

Berbeda dengannya, riwayat browser bisa dibuka kembali pada perangkat yang mengandung aplikasi ini saja. Artinya, bila browsernya diunduh ke ponsel lain pengguna tidak dapat mengetahui riwayat sebelumnya.

Berdasarkan hal itu, menghapus histori browser tidak bisa dipastikan dapat menghilangkan jejak pencarian Google. Sehingga, resiko privasi sedikit lebih terbuka bagi orang lain untuk mengetahuinya.

Demi menanggulangi permasalahan tersebut, berikut tim Insidepontianak telah merangkum 2 cara hapus riwayat penelusuran Google di smartphone atau laptop.

Hapus Histori Google di Smartphone.

Sebagai media penghubung internet yang sering digunakan, ponsel merupakan alat yang paling sering dipakai untuk berselancar di dunia maya.

Adapun cara menghapus riwayat pencarian Google di smartphone sedikit berbeda dengan laptop. Penyebab utamanya tidak lain karena tampilan Google. Untuk lebih detailnya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Google dengan mengetik halaman Google.com.
  2. Log in dengan akun yang riwayat pencariannya hendak dihapus.
  3. Pada halaman pertama, tepatnya di bagian bawah klik pilihan 'Setelan'. Bila ponsel yang digunakan Android, letaknya di atas.
  4. Pilih opsi 'Histori Penelusuran'.
  5. Lantas, pengguna akan disajikan list riwayat dengan lengkap dan penuh.
  6. Selain itu, pengguna juga diberikan opsi penghapusan dalam batas waktu 'Hari Ini' saja, pada batas tertentu, dan 'Semua'.
  7. Pilihlah salah satu dari tiga pilihan tersebut.
  8. Pengguna juga dapat mengaktifkan menghapus waktu tertentu. Di antaranya adalah 3 bulan, 18 bulan, dan 36 bulan.

Hapus Histori Google di Laptop.

Terakhir, opsi menghapus riwayat penelusuran ini bisa dilakukan di laptop. Lebih lengkapnya, berikut uraian ringkasnya:

  1. Buka Google di browser dengan mengetikkan halaman Google.com.
  2. Pastikan log in dengan akun yang histori Google-nya hendak dihapus.
  3. Klik opsi 'Setelan' akun.
  4. Pilih opsi 'Histori Penelusuran'.
  5. Daftar pencarian lampau akan diberikan lengkap.
  6. Klik opsi 'Hapus'
  7. Google juga menawarkan rentang waktu yang hendak dihapus. Mulai dari batas 'Hari Ini', dalam waktu tertentu, atau semuanya.
  8. Pilihlah salah satu opsi yang diberikan.
  9. Untuk menghapus secara otomatis. Pilihlah beberapa waktu yang ditawarkan seperti '3 bulan', '18 bulan', dan '36 bulan'.

Demikianlah uraian mengenai 2 cara hapus riwayat penelusuran Google di smartphone dan laptop. Selamat mencoba! (Dzikrullah).***

Leave a comment