Harkitnas Ke 116 Tahun 2024: Menuju Indonesia Emas, Siapkan SDM Tangguh yang Nasionalis

2024-09-20 21:45:37
Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara Romi Wijaya dan membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 Tahun 2024

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 Tahun 2024, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati, Sukadana, Senin (20/05/2024). 

Upacara Harkitnas ini dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara Romi Wijaya dan membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan mengusung tema "Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas". 

Selain itu, dalam amanatnya, Pj Bupati Kayong Utara Romi Wijaya berharap peringatan Harkitnas Ke 116 Tahun 2024 bisa menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan.

Kata dia, Harkitnas adalah momen menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandasakan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Emas dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Saat ini, indonesia berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. 

Ini katanya berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu. Era ini bangsa menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. 

"Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas," ucap Romi Wijaya

Tak hanya itu, Pj. Bupati Kayong Utara juga menyampaikan adanya bonus demografi menunjukkan bagaimana 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru.

"Pastinya ini bisa menjadi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Kata dia, berkali-kali dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo bahwa peluang Indonesia menjadi negara maju ada dalam sepuluh 10 hingga 15 tahun ke depan.

"dengan memaksimalkan bonus demografi. Presiden juga menekankan bagaimana di dalam sejarah peradaban negara-negara dan bangsa-bangsa, kesempatan itu hanya datang satu kali, oleh karenanya kita sama sekali tidak boleh keliru dalam memilih langkah," ungkap Romi Wijaya. 

"Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis," tambah Romi Wijaya. 

Sementara itu, kata Pj. Bupati Kayong Utara, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. 

"Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap. Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7 persen untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045," ungkap Romi Wijaya. 

Untuk itu, kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini, menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. 

"Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu," ujarnya.

"Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045," sambungnya.  (Fauzi)

Leave a comment