Pj Gubernur Kalbar Harisson Harap Asosiasi Dosen Indonesia Berkontribusi Bagi Pembangunan Daerah

2024-09-20 21:30:36
Pj Gubernur Kalbar, Harisson. (Dok Humas Pemprov Kalbar)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) merupakan organisasi profesi bagi seluruh warga negara Indonesia yang berprofesi menjadi dosen di seluruh perguruan tinggi merupakan sebuah wadah, tempat berkumpul kaum intelektual. 

Pj Gubernur Kalbar, Harisson menegaskan hal itu saat Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia - Kalimantan Barat di Hotel Aston Pontianak.

"Perkembangan yang konsisten ke arah yang lebih baik adalah buah dari komitmen yang patut dipegang bersama oleh seluruh komponen Asosiasi Dosen Indonesia (ADI)," ungkap Pj Gubernur Kalbar Harisson.

Sejalan dengan visi Asosiasi Dosen Indonesia yaitu Menjadikan Asosiasi Dosen Indonesia sebagai organisasi yang modern dan systematic untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan meningkatkan daya saing bangsa, serta berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan para dosen di Indonesia.

Iapun mengajak seluruh jajaran dosen yang tergabung dalam Asosiasi Dosen Indonesia agar bersinergi, bergandengan tangan, dan berkontribusi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, agar mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa, sehingga semakin berdaya saing yang tinggi dengan mahasiswa perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri.

"Saya berharap dosen di Indonesia pada umumnya dan secara khusus di Kalimantan Barat harus memiliki daya saing yang tinggi, sebab dosen memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing bangsa, serta berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa," harapnya.

Pj Gubernur Kalbar Harisson berharap ADI dapat membantu Pemerintah Daerah untuk membangun daerah dengan memberikan masukan terkait permasalahan yang dihadapi sesuai dengan keilmuan yang dimiliki masing-masing oleh setiap anggota ADI.

"Oleh karenanya, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI)  dengan didukung oleh berbagai keahlian yang dimiliki anggotanya, harus selalu siap sedia membantu Pemerintah Daerah memberikan setiap solusi terhadap permasalahan yang dihadapi sesuai dengan disiplin keilmuan yang dimiliki," tambahnya.

Pj Gubernur Kalbar Harisson juga menekankan bahwa Pelantikan Pengurus Dewan Perwakilan Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia Kalimantan Barat bukanlah sekadar seremonial belaka.

Ini adalah wujud nyata dari komitmen untuk terus berkontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Acara ini menjadi saksi perjalanan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI).

"Tingkatkan peran bagi peningkatan kualitas dan kapasitas dosen, bangun sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak terutama pemerintah daerah, demi menuju Kalimantan Barat yang maju, aman dan kondusif," tegasnya.

Dirinya juga tak lupa berpesan kepada Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia - Kalimantan Barat yang baru dilantik untuk dapat melaksanakan amanah dengan baik, menjalankan tujuan dan mewujudkan visi dan misi organisasi dengan penuh tanggung jawab.

Pj Gubernur Kalbar Harisson kembali berharap setelah dilantik agar aktif memberikan sumbangsih demi kemajuan daerah dan bangsa.

Siapkan program kerja yang mengedepankan kolaborasi dan dilakukan secara internal dan eksternal agar kampus dapat mencetak lebih banyak enterprenuer di masa mendatang. Bangun kerjasama dengan mitra strategis dalam rangka membangun iklim yang sejalan antara perguruan tinggi dengan industri.

"Tingkatkan peran komunitas ilmiah sehingga pengambilan keputusan dapat lebih solid dengan berbasiskan pada policy-based-evidence," katanya lagi.

Pj Gubernur Kalbar Harisson menyampaikan mengapresiasi atas kehadiran Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Dosen Indonesia periode 2022-2026 Prof. Mohammad Ali Berawi yang juga merupakan Guru Besar Departemen Teknik Sipil FTUI.

Ia berharap kehadiran Ketua Umum ADI dapat memberikan motivasi tersendiri bagi pengurus ADI Provinsi Kalbar untuk terus mengabdikan diri dalam dunia pendidikan.

Harisson mengucapkan selamat datang di Bumi Khatulistiwa kepada Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat  Asosiasi Dosen Indonesia, Prof. Ir. Mohammad Ali Berawi, M.Eng. Sc., Ph.D.  yang telah berkenan hadir.

Kehadiran Ketua Umum ADI menjadi motivasi baru bagi Asosiasi Dosen Indonesia Kalimantan Barat untuk terus berkarya dan berkontribusi nyata dalam membangun dunia pendidikan.

"Kita memiliki peran penting dalam membantu membentuk karakter bangsa yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila di tengah dinamika dan tantangan global yang semakin kompleks, dibutuhkan sinergi dan kerja sama dari semua elemen Masyarakat," ucapnya.

Ditambahkan Pj Gubernur Kalbar Harisson peran dosen sangat penting dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk mencetak generasi muda yang akan menjai pemimpin bangsa.

Di samping mengajar, meneliti, dan mengabdi kepada masyarakat sekaligus membimbing mahasiswa.

"Oleh karena itu tentu peran dosen harus dijalankan dengan seoptimal mungkin agar mahasiswa mampu mewujudkan cita-cita selama mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di Pendidikan Tinggi," pungkasnya. ***

Leave a comment