Kebakaran Dahsyat, Portugal Umumkan Hari Berkabung Nasional

2024-09-21 11:28:47
Pemerintah Portugal mengumumkan Hari Berkabung Nasional pada Jumat (20/9/2024) akibat kebakaran dahsyat yang menewaskan tujuh orang dan melukai 166 lainnya sejak 14 September, menurut media lokal. ANTARA/Anadolu/py

PORTUGAL, insidepontianak.com - Pemerintah Portugal mengumumkan Hari Berkabung Nasional pada Jumat (20/9) akibat kebakaran dahsyat yang menewaskan tujuh orang dan melukai 166 lainnya sejak 14 September, menurut media lokal.

Sebagai penghormatan kepada para korban kebakaran di wilayah utara dan tengah Portugal, Lisbon menetapkan hari Jumat ini sebagai hari berkabung nasional, menurut stasiun penyiaran Portugal RTP.

Portugal saat ini sedang menghadapi salah satu kebakaran hutan terbesar, dengan lebih dari 121.000 hektar lahan hutan yang terbakar.

Sebagai perbandingan, luas wilayah hutan yang terbakar berukuran sepuluh kali ukuran ibu kota, Lisbon. Luas kota Lisbon sekitar 100,05 kilometer persegi.

Kebakaran tersebut telah menghanguskan total 83 persen dari seluruh wilayah hutan nasional, menurut sistem pemantauan Eropa, Copernicus.

Sebagai tanggapan, pemerintah telah mengumumkan status darurat di kotamadya yang paling terdampak pada Selasa. 

Bendera di seluruh wilayah negara diturunkan setengah tiang sebagai tanda berkabung.

Diumumkan bahwa lima orang telah ditahan sejauh ini dalam penyelidikan terkait kebakaran yang telah menghancurkan puluhan rumah di distrik Aveiro, Porto, Vila Real, Braga, Viseu, dan Coimbra. (ant)

Leave a comment