Pembuatan Gorong-gorong Di Purnama Pontianak, Minim Terapkan Kesadaran K3

2024-09-20 18:42:34
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Gorong-gorong merupakan sebuah saluran air yang dibuat, untuk mengalirkan air hujan agar daerah tersebut tidak menjadi banjir karena genangan air.

Gorong-gorong terbuat dari material beton ataupun baja yang kuat, untuk menahan laju air agar tidak mengalami keropos jika terkena air.

Perkerjaan gorong-gorong, mungkin terlihat sederhana dari penggunaan alat dan bahan dalam pembuatanya.

Namun, pekerjaan pembuatan gorong-gorong juga memliki resiko berbahaya untuk kesehatan. Seperti pada saat proses pengadukan semen, beresiko menimbulkan debu semen.

Kurangnya kesadaran K3, pada pekerja gorong-gorong dalam penggunaan alat pelindung diri, dapat memicu tergangunya kesehatan pernapasan saat terhirup debu semen.

Menurut Sarijo, selaku pembuat gorong-gorong, dalam keseharianya untuk pengunaan APD belum, dilakukan secara optimal.

Ia mengatakan, adapun perlengkapan APD yang digunakan, saat berkerja seperti sarung tangan, dan sepatu both.

"Saat proses pengadukan, mungkin banyak debu yang dikeluarkan dari semen, sebenarnya mau pakai masker tapi tidak mampu," ujar Sarijo saat ditemui di Purnama, pada Jumat (1/9/2023).

Menurutnya, perkerjaan ini sudah biasa ia lakukan, dan memang sudah hampir 12 tahun berkerja sebagai pembuat gorong-gorong.

Diakuinya, memang sangat penting pengunaan alat pelindung diri saat berkerja, karena memang tanpa disadari setiap perkerjaan yang ringan maupun yang berat, memiliki resiko bahaya untuk kesehatan. (Evi)***

Leave a comment